Luar Biasa! Begini Keindahan Gerhana Matahari Hibrida 2023 di Fakfak Papua Barat

Luar Biasa! Begini Keindahan Gerhana Matahari Hibrida 2023 di Fakfak Papua Barat

Penampakan Gerhana Matahari hibrida di Fakfak Papua Barat pada Kamis, 20 April 2023-@bmkg-instagram

Luar Biasa! Begini Keindahan Gerhana Matahari Hibrida 2023 di Fakfak Papua Barat - Berikut ini adalah penampakan gerhana matahari hibria di wiayah fakfak Papua Barat.

Badan Meterorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), memberikan penampakan gerhana matahari hibdria di wilayah fakfak Papua Barat.

Dilansir akun Instagram BMKG, gerhana matahari hibrida di Papua terjadi di pantai Wambar, Kamis 20 April 2023, pukul 12.41 WIT.

Gerhana matahari Hibrida di Papua Barat terjadi selama lebih kurang tiga jam.

BACA JUGA:

Dalam foto unggahan BMKG, terlihat matahari hibdrida berwarna merah menyala lalu pada gambar berikutnya matahari hibrida mulai tertutup setengah dengan warna hitam.

"Penampakan kontak awal gerhana matahari hibrid dari Pantai Wambar Fakfak," Tulis keterangan dari Insgram BMKG.

Jadwal Lengkap Gerhana Matahari Hibrida 

Gerhana matahari hibrida pada 20 April 2023 mendatang, adalah gerhana ke-52 dari total 80 gerhana dalam kategori siklus soros 129.

Wilayah yang dapat menikmati gerhana matahari cincin berasa di Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Sentral gerhana matahari hibrid berada di Laut Timor pada 9,6 derajat Lintang Selatan dan 125,8 derajat Bujur Timur.

Sedangkan, wilayah yang mengalami gerhana matahari total berada di Australia Barat berada di Ningaloo, Taman Nasional Cape Range, Learmonth hingga Exmouth; Timor Leste ada di Viqueque, Uma Uain Leten, Uani Uma, Alawa Craik, Lacoliu, Tirilolo, Lospalos, Fuiloro, Com, Mehara, dan Tutuala.

Di Indonesia, gerhana matahari total akan terjadi di Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku, tepatnya di Pulau Kisar, Pulau Maopora, Pulau Damar Desa Batumerah, Kabupaten Seram.

Kemudian, Kabupaten Seram di Maluku tepatnya di Pulau Oeta Kepulauan Watubela.

Selanjutnya, Kabupaten Fakfak di Papua Barat yang berada di Pulau Antalisa, Pulau Faur, Pulau Karas, dan Pulau Rowatte.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: