Gerhana Matahari Total Terjadi Tanggal 8 April 2024, Bumi Akan Gelap?

Gerhana Matahari Total Terjadi Tanggal 8 April 2024, Bumi Akan Gelap?

Illustrasi Gerhana Matahari Cincin 2023--pinterest

FIN.CO.ID- Gerhana matahari total akan terjadi pada tanggal 8 April 2024. NASA melaporkan, fenomena gerhana matahari total ini akan dilihat di Amerika Serikat. 

Fenomena ini dijuluki Great North American Eclipse atau juga Great American Total Solar Eclipse dan Great American Eclipse.

Gerhana matahari total terjadi ketika Bulan melintas di antara Matahari dan Bumi, sehingga menutupi seluruh permukaan Matahari.

Atau diameter Bulan lebih besar dari Matahari, sehingga menghalangi semua sinar matahari langsung, lalu mengubah siang hari menjadi kegelapan. 

BACA JUGA:

Orang yang melihat gerhana dari lokasi di mana bayangan Bulan menutupi Matahari sepenuhnya – akan mengalami gerhana matahari total. Sehingga langit akan menjadi gelap, seperti fajar atau senja. 

Jika cuaca memungkinkan, negara di sepanjang jalur lintasan bulan ini akan melihat mahkota Matahari, atau atmosfer bagian luar, yang biasanya tertutup oleh terangnya wajah Matahari. 

Gerhana matahari total akan melintasi Amerika Utara, melewati Meksiko, Amerika Serikat, dan Kanada. 

Gerhana matahari total terjadi ketika  Totalitas hanya terjadi pada jalur sempit di permukaan bumi, dengan gerhana matahari sebagian terlihat di wilayah sekitar yang lebarnya ribuan kilometer.

Fenomena Ini akan menjadi satu-satunya gerhana matahari total di abad ke-21. Ini juga akan menjadi gerhana matahari total terakhir yang terlihat di Amerika Serikat yang berdekatan hingga tanggal 23 Agustus 2044 .

Gerhana matahari terakhir tahun ini akan terjadi enam bulan kemudian, pada 2 Oktober 2024.

BACA JUGA

Lantas bagaimana di Indonesia

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan, bahwa Indonesia tidak terjadi gerhana matahari total atau GMT pada 8 April 2024. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: