Apakah Boleh Salat Gerhana Sendiri di Rumah? Begini Penjelasannya

Apakah Boleh Salat Gerhana Sendiri di Rumah? Begini Penjelasannya

Salat sendiri di rumah-Pexels.com-

Salat Gerhana Sendiri di Rumah - Gerhana matahari diprediksi bakal terjadi hari ini 20 April 2023 yang bisa dilihat disejumlah besar wilayah di Indonesia. 

Gerhana Matahari kali ini disebut gerhana matahari hibrid. Atau gerhana matahari total. 

Dalam islam saat terjadi Gerhana matahari atau bulan, dianjurkan untuk mendirikan salat sunnah dua rakaat. Atau disebut salat gerhana. 

Lantas bisakah salat gerhana dilakukan sendirian di rumah? Jawabnya bisa! Namun yang paling utama dan afdal adalah salat gerhana dilakukan secara berjamaah di Masjid atau di lapangan. 

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, ia mengatakan bahwa Nabi Muhammad saw. bersabda, "Apabila kalian melihat gerhana, maka berdirilah untuk shalat sampai gerhana itu hilang." (HR. Bukhari-Muslim)

Dari hadis ini, dapat dipahami bahwa salat gerhana sebaiknya dilakukan secara berjamaah. 

BACA JUGA:

Namun, jika tidak ada jamaah yang bisa diikuti, maka seseorang boleh melaksanakan salat gerhana sendiri.

Hal ini juga ditegaskan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Musa Al-Asy'ari, ia berkata bahwa Nabi Muhammad saw. bersabda, "Apabila kamu melihat gerhana matahari dan kamu khawatir bahwa orang-orang tidak menyebutkan (dan melaksanakan) shalat, maka hendaklah kamu shalat sendirian (dirumahmu)." (HR. Bukhari)

Dalam hadis ini, Nabi Muhammad saw. memperbolehkan seseorang untuk melaksanakan salat gerhana sendiri di rumah, jika tidak ada jamaah yang bisa diikuti. 

BACA JUGA:

Namun, tetap disarankan untuk melaksanakan salat gerhana secara berjamaah jika memungkinkan.

Namun, perlu diingat bahwa salat gerhana bukanlah salat sunnah biasa, sehingga sebaiknya dilakukan dengan cara yang benar dan memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan.

Selain itu, sebagai umat Islam, kita seharusnya berusaha untuk mencari jamaah dan melaksanakan salat gerhana secara berjamaah, agar dapat memperkuat tali persaudaraan dan kebersamaan dalam menjalankan ibadah.  

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: