Tips Mudik dengan Motor Agar Tetap Irit BBM

Tips Mudik dengan Motor Agar Tetap Irit BBM

Ilustrasi mudik naik motor--astramotor.co.id

Berkendara saat kondisi lalu lintas padat akan membuat mesin bekerja lebih keras dan memerlukan bahan bakar lebih banyak. Usahakan menghindari berkendara saat jam sibuk dan pilihlah waktu yang lebih santai untuk berkendara.

9. Gunakan rem dengan bijak

Gunakan rem dengan bijak dan hindari mengerem terlalu keras. Mengerem terlalu keras akan membuat mesin bekerja lebih keras dan memerlukan bahan bakar lebih banyak.

10. Perhatikan teknik berkendara

Perhatikan teknik berkendara yang baik dan benar. Hindari akselerasi yang tiba-tiba, kurangi kecepatan saat akan berbelok, dan hindari melakukan akselerasi yang berlebihan. Teknik berkendara yang baik akan membuat mesin bekerja lebih efisien dan irit bahan bakar.

11. Bersihkan filter udara secara berkala

Bersihkan filter udara secara berkala untuk memastikan mesin bekerja dengan baik dan irit bahan bakar. Filter udara yang kotor akan membuat mesin bekerja lebih keras dan memerlukan bahan bakar lebih banyak.

12. Hindari mengemudi saat hujan

Mengemudi saat hujan akan membuat mesin bekerja lebih keras dan memerlukan bahan bakar lebih banyak. Selain itu, kondisi jalan yang licin akan membuat motor menjadi sulit dikendalikan dan berisiko terjadi kecelakaan.

13. Pilih rute yang lebih efisien

Pilih rute yang lebih efisien, yaitu rute yang lebih singkat dan lebih sedikit terdapat jalan yang rusak atau bergelombang. Pilih juga rute yang memiliki sedikit lampu merah, sehingga mesin tidak perlu sering kali mati dan hidup kembali.

Demikianlah beberapa tips mudik agar motor irit BBM. Dengan mengikuti tips-tips tersebut, diharapkan konsumsi bahan bakar pada motor Anda bisa lebih hemat saat mudik.

Selain itu, pastikan untuk selalu mengikuti aturan lalu lintas dan melakukan perjalanan dengan aman dan nyaman. Selamat mudik

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: