Naikan Harga Tiket Ekonomi Jelang Lebaran, Dishub DKI Ancam Cabut Izin PO Bus

Naikan Harga Tiket Ekonomi Jelang Lebaran, Dishub DKI Ancam Cabut Izin PO Bus

Bus AKAP di terminal Pulogebang--pmjnews

Naikan Harga Tiket Ekonomi Jelang Lebaran, Dishub DKI Ancam Cabut Izin PO Bus - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengancam akan mencabut izin PO Bus jika menaikan harga tiket ekonomi jelang Lebaran 2023.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menegaskan tidak ada kenaikan harga tiket bus kelas ekonomi selama arus mudik Lebaran 2023.

"Tiket ekonomi tidak ada kenaikan tarif. Operator bisa menerapkan tiket batas atas yang kini masih di bawah, mereka main di rata-rata 50 persen," katanya di Terminal Kampung Rambutan, Minggu, 9 April 2023.

Syafrin menjelaskan, memang akan ada peningkatan harga tiket ekonomi untuk bus eksekutif tapi kalau melebihi bisa dicabut izin trayeknya berdasarkan aturan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

 BACA JUGA

"Untuk non ekonomi berlaku mekanisme pasar, tapi kami juga mengimbau operator bus yang melayani bus non ekonomi tidak juga sesukanya menaikkan tarif, tetap memperhatikan kebutuhan masyarakat yang akan mudik menggunakan angkutan bus tahun ini," katanya.

Pihaknya juga mengantisipasi para calo tiket yang biasanya hadir di terminal-terminal saat arus mudik Lebaran. "Tentu kami bersama jajaran Kepolisian terus melakukan upaya sehingga di terminal tidak ada calo," katanya.

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI telah mengantisipasi adanya calo. Salah satunya dengan mengadakan tiket elektronik, seperti di Terminal Pulo Gebang.

 BACA JUGA:

Semua sudah bisa dilaksanakan dengan tiket elektronik, baik menggunakan Jakarta Electronic Ticketing Bus atau media lain penyedia tiket daring (online).

"Itu otomatis kita harapkan mengurangi dan meminimalisir adanya calo tiket," katanya.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: