Investor Wajib Tahu! 6 Kriteria Suatu Saham Disebut Blue Chip

Investor Wajib Tahu! 6 Kriteria Suatu Saham Disebut Blue Chip

Saham, Ilustrasi oleh Ahmad Ardity dari Pixabay--

Investor Wajib Tahu! 6 Kriteria Suatu Saham Disebut Blue Chip - Dalam dunia pasar modal, seringkali kita mendengar istilah saham Blue Chip atau Blue Chip Stocks. Meski demikian, tak semua investor memahami apa itu saham Blue Chip, terutama investor pemula yang belum lama mengenal dunia pasar modal. 

Untuk menambah literasi Anda mengenai dunia pasar modal, berikut kami ulas mengenai saham Blue Chip. Mulai dari pengertian saham Blue Chip, hingga persyaratan atau kriteria yang harus dipenuhi agar sebuah saham bisa disebut Blue Chip. 

BACA JUGA:Investor Pemula Wajib Tahu, Begini Cara Beli Saham dan Perhitungan Uang yang Harus Disiapkan

BACA JUGA:Update Pergerakan Saham BUMI, Pagi ini Melejit Nyaris 4 Persen

Pengertian Saham Blue Chip

Dalam dunia pasar modal, istilah saham Blue Chip banyak digunakan untuk merujuk saham-saham yang pergerakannya stabil dan berasal dari perusahaan besar. 

Saham - saham Blue Chip cocok untuk dibeli oleh para investor pemula karena memiliki harga yang stabil dan terkadang cenderung naik.

Secara umum, saham Blue Chip atau Blue Chip Stocks adalah saham dengan reputasi yang sangat baik. Beberapa perusahaan yang sudah beroperasi selama bertahun-tahun lamanya dengan kinerja yang stabil, biasanya termasuk ke dalam kategori saham Blue Chip.

Saham Blue Chip sendiri merupakan istilah yang diambil dari permainan poker, di mana chip atau kepingan berwarna biru (Blue Chip) merupakan chip termahal. 

BACA JUGA:Calon Investor Wajib Tahu, Ini Perbedaan Saham Dengan Reksadana

BACA JUGA:Bagaimana Memanfaatkan Peluang Usaha Secara Kreatif dan Inovatif, Begini Cara Mudah dan Anti Ribet

Saham-saham yang termasuk ke dalam saham Blue Chip cocok untuk dijadikan sebagai investasi jangka panjang karena cenderung naik dan juga stabil.

Apa Saja Kriteria Saham Blue Chip

Sebuah saham bisa dikatakan sebagai saham Blue Chip jika memenuhi beberapa persyaratan atau kriteria. 

Berikut adalah 6 kriteria sebuah saham bisa disebut Blue Chip: 

1. Harga Saham Tinggi

Ada beberapa saham yang memang memiliki nilai atau harga yang tinggi. Hal ini merupakan salah satu ciri-ciri dari saham Blue Chip.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: