Wajib Tahu! Cara Mengisi Formulir Pengajuan JHT BPJS Ketenagakerjaan Untuk Pencairan Dana

Wajib Tahu! Cara Mengisi Formulir Pengajuan JHT BPJS Ketenagakerjaan Untuk Pencairan Dana

Ilustrasi - Formulir Pengajuan JHT (Twitter @urbancikarang)--

Wajib Tahu! Cara Mengisi Formulir Pengajuan JHT BPJS Ketenagakerjaan Untuk Pencairan Dana - Anda yang merupakan peserta BPJS Ketenagakerjaan wajib tahu mengenai bagaimana prosedur dan cara untuk mencairkan saldo BPJS Ketenagakerjaan

Bagian penting dari proses pencairan saldo BPJS Ketenagakerjaan itu adalah mengisi formulir JHT atau Jaminan Hari Tua, salah satu jenis program di kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan

BACA JUGA:Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Lewat HP, Gampang Banget...

Sebelum Anda mencairkan saldo BPJS Ketenagakerjaan, tentu ada sejumlah prosedur yang wajib Anda ikuti.

Nah, pembahasan kita pada artikel ini adalah, segala macam prosedur pencairan saldo BPJS Ketenagakerjaan, termasuk cara pengisian Formulir Pengajuan JHT.

Formulir pengajuan JHT adalah salah satu hal yang penting dalam proses ini. Sebelum anda melakukan klaim terhadap kepesertaan JHT, Anda wajib untuk mengisi formulir pengajuan JHT. 

Formulir pengajuan JHT disebut juga formulir F5, yang merupakan bagian terpenting dalam proses pencairan dana JHT BPJS Ketenagakerjaan. 

BACA JUGA:USG Kehamilan Ditanggung BPJS Kesehatan, Berikut Cara dan Persyaratannya, Ibu Hamil Wajib Tahu!

Setelah formulir pengajuan JHT selesai diisi dan ditandatangani, selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan dan verifikasi oleh petugas di kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan.

Begitu lolos tahap verifikasi, saldo JHT Anda akan cair dan masuk ke rekening bank Anda. Namun, apabila dalam proses pemeriksaan dan verifikasi ternyata tidak lolos, hal tersebut bisa saja karena adanya data-data yang tidak valid atau ada syarat maupun kriteria yang belum terpenuhi. 

Jika hal tersebut terjadi, maka pengajuan klaim dana JHT Anda untuk sementara tidak akan disetujui, hingga Anda memperbaiki hal yang salah atau kurang tepat tersebut, serta memenuhi seluruh syarat yang telah ditetapkan.

Pengisian formulir pengajuan JHT sebenarnya mudah, hanya saja bagi Anda yang mungkin baru pertama kali, akan sedikit kebingungan dengan data yang dibutuhkan ketika pengisian.

BACA JUGA:Begini Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan Online, Mandiri dan Melalui Perusahaan 

Namun jangan khawatir, kami akan ulas secara lengkap tentang tata cara mengisi formulir pengajuan JHT, jangan lupa baca artikel ini hingga tuntas ya!

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: