Kabar Gembira, Seleksi CPNS 2023 Dibuka untuk Umum Bukan Hanya PPPK

Kabar Gembira, Seleksi CPNS 2023 Dibuka untuk Umum Bukan Hanya PPPK

Contoh soal TKP SKD CPNS 2023--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Kabar gembira, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) membuka seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) atau calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2023.

Pemerintah membuka seleksi CASN 2023 bukan hanya pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Kabar gembira pembukaan seleksi CASN 2023 untuk umum tersebut disampaikan langsung Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas.

“Seleksi tahun ini juga akan dibuka untuk umum, tidak hanya dari jalur sekolah kedinasan,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 31 Januari 2023.

 BACA JUGA:Mengenal Tugas dan Wewenang Panwaslu Kelurahan Desa atau PKD

BACA JUGA:Disorot KPK, BPKH Akhirnya Blak-Blakan Soal Pengelolaan Dana Haji

Terkait formasi seleksi CASN, dikatakannya melingkupi seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) secara selektif dan terbatas serta PPPK itu, selain pemenuhan kebutuhan tenaga kesehatan pendidikan, pemerintah juga berfokus pada pemenuhan talenta digital.

Hal tersebut, menurutnya, sebagai bentuk transformasi digital yang sedang dilakukan dalam membangun sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE).

"Pemerintah juga memberi prioritas kepada talenta digital sebagai bentuk transformasi digital yang kini sedang dijalankan dalam kerangka arsitektur SPBE. Formasi lain yang juga akan dibuka adalah hakim, jaksa, dosen, serta tenaga teknis tertentu lainnya,” ucapnya.

Disampaikannya, saat ini instansi pemerintah dalam tahapan persiapan pengusulan formasi seleksi CASN.

 BACA JUGA:Ternyata Ada 1.030.501 Formasi CPNS dan PPPK Tahun 2023, Segera Persiapkan Diri

BACA JUGA:Tata Cara Berpakaian Ihram dan Doa-Doa Saat Ibadah Haji dan Umroh

“Sekarang, semuanya sedang berproses pada tahap persiapan pengusulan formasi dari sejumlah instansi pemerintah,” ujar dia.

Rekrutmen CASN 2023, juga mempertimbangkan sejumlah variabel tertentu, seperti indikator jumlah PNS yang pensiun dan pemenuhan sumber daya manusia guna mendukung program strategis nasional, termasuk letak geografis dan kemampuan anggaran.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: