Wuling Air EV jadi Mobil Listrik Termurah di Indonesia, Harganya Mengalahkan LCGC?

Wuling Air EV jadi Mobil Listrik Termurah di Indonesia, Harganya Mengalahkan LCGC?

Acara Peluncuran Produksi Perdana Wuling Air EV di PT. SAIC General Motors Wuling (SGMW) Motor Indonesia Cikarang, Jawa Barat, Senin, 8 Agustus 2022.--

Jika dilihat dari daftar harga tersebut, jelas Wuling Air EV lebih mahal dari mobil LCGC, meski dibandingkan dengan tipe tertinggi LCGC sekalipun.

BACA JUGA:Wuling New Confero, MPV Berdimensi Lega Ini Mulai dari Rp181,3 Juta 

Namun, bagaimana jika Wuling Air EV benar-benar mendapat insentif pembelian mobil listrik dari pemerintah Rp80 juta sesuai wacana? 

Sebagaimana diketahui, pada Desember 2022 lalu Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan bahwa pemerintah akan memberikan subsidi kepada konsumen yang membeli mobil atau motor listrik. 

Dengan catatan, motor atau mobil listrik yang dibeli itu sudah memiliki pabrik di Indonesia. Mengacu pada persyaratan tersebut, Wuling Air ev termasuk yang memenuhi kriteria.

"Jumlah dari subsidinya ini akan kami hitung kira untuk pembelian mobil listrik akan diberikan insentif sekitar Rp 80 juta, untuk pembelian mobil listrik berbasis hybrid akan diberikan insentif sekitar Rp 40 juta, dan juga untuk motor listrik yang baru insentif sekitar Rp 8 juta," ungkap Menperin Agus Gumiwang saat itu.

BACA JUGA:Wuling Formo Max Tersedia Dalam Dua Varian, Harga Mulai dari Rp162 Juta

Kalaupun jadi mendapat subsidi Rp 80 juta, konsumen yang mau membawa pulang Wuling Air EV, maka hanya membayar Rp 163 juta untuk tipe terendah. Lalu, bila kepincut varian yang lebih tinggi, Anda perlu membayar Rp 219,5 juta. 

Jika dibandingkan dengan harga LCGC yang per Januari 2023 mengalami kenaikan, harga Wuling Air ev varian terendah dengan subsidi itu masih lebih murah. 

Nah, demikian informasinya, apakah Anda tertarik untuk membeli Wuling Air EV? Silahkan pertimbangkan dengan matang ya. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: