Golok Banten Akan Didaftarkan ke UNESCO Sebagai Warisan Budaya Dunia

Golok Banten Akan Didaftarkan ke UNESCO Sebagai Warisan Budaya Dunia

Pertunjukan Seni Bela Diri Menggunakan Golok Banten di Mapolda Banten (dok Polda Banten)--

BACA JUGA:Jelang Imlek, Stok Minyak Curah di Kabupaten Tangerang Berkurang Drastis

BACA JUGA:Main Game Penghasil Uang Bisa Dapat Saldo DANA Gratis Rp 300 Ribu, Ayo Cobain Sekarang

"Tahap ketiga pemenuhan kriteria universal outstanding values, tahap keempat aspek sejarah, budaya, sosial, religius dan manfaat serta dampak bagi masyarakat dunia," jelasnya.

"Tahap kelima kapasitas ancaman baik itu ancaman secara langsung maupun tidak langsung, dan tahap keenam penilaian terhadap berkas pengajuan oleh UNESCO," sambungnya.

Dikatakan Ignasius, tahapan perjalanan Golok Banten dalam pengajuan ke UNESCO butuh setidaknya 1 sampai 2 tahun mulai dari pengajuan usulan ke UNESCO hingga pengiriman naskah.

Saat ini, sambung dia, Polda Banten telah membentuk Tim Golok Banten, serta melakukan rapat koordinasi hingga penyusunan rencana aksi.

BACA JUGA:Data BPS: Jumlah Penduduk Miskin Provinsi Banten 2022 Turun 0,32 Persen

BACA JUGA:Free Fire Advance Server OB39 Dibuka Maret 2023? Cek Informasinya DISINI

"Kedepan tahap yang harus dilakukan adalah pemenuhan kriteria dan melakukan klarifikasi serta klasifikasi jenis warisan budaya," paparnya.

"Komunikasi dan koordinasi dengan pihak terkait dalam negeri, komunikasi dan koordinasi dengan pihak terkait luar negeri, dan pengajuan berkas oleh pemerintah kepada UNESCO," lanjutnya.

Dia juga mengaku, akan membantu proses pendaftaran Golok Banten ke UNESCO agar lebih cepat dengan catatan semua pihak saling bekerja sama.

"Semua pihak saling bekerja sama untuk verifikasi data serta dokumen yang dibutuhkan demi penguatan Golok Banten sebagai warisan budaya dunia," pungkasnya. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rikhi Ferdian

Tentang Penulis

Sumber: