Golok Banten Akan Didaftarkan ke UNESCO Sebagai Warisan Budaya Dunia

Golok Banten Akan Didaftarkan ke UNESCO Sebagai Warisan Budaya Dunia

Pertunjukan Seni Bela Diri Menggunakan Golok Banten di Mapolda Banten (dok Polda Banten)--

BANTEN, FIN.CO.ID -- Golok Banten akan didaftarkan ke United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization atau UNESCO sebagai warisan budaya dunia.

Saat ini rencana pendaftaran Golok Banten sebagai warisan dunia ke UNESCO itu tengah dibahas oleh jajaran Polda Banten.

BACA JUGA:Aksi Nekat Remaja, Tawuran di Depan Polsek Tigaraksa, Satu Terluka

BACA JUGA:Cek Disini! Cara Memulihkan Chat WhatsApp yang Terhapus, Mudah dan Cepat

Dirtahti Polda Banten AKBP Agus Rasyid dalam mengungkapkan, bahwa Golok Banten sudah lama menjadi sebuah karya seni asli Indonesia.

Sampai hari ini, lanjutnya, segenap jajaran Polda Banten didampingi pelestari Golok Banten terus berjuang untuk mendaftarkan Golok Banten agar dapat diakui di mata dunia.

"Keindahan Golok Banten dapat dilihat dari bagian gagang dan sarungnya. Ada kesan unik dan bersejarah ketika melihat sarung dan gagang golok," kata Agus, Jumat 20 Januari 2023.

"Hantaman godam melumat besi baja untuk membuat bilah golok dan keterampilan pengukir membuat sarung dan gagang golok telah menghasilkan benda bernilai tinggi," tambahnya.

BACA JUGA:Sudah Inkrah, Barbuk Narkoba Hingga Uang Dolar Palsu Dimusnahkan Kejari Kabupaten Tangerang

BACA JUGA:Lacak Pasangan Selingkuh Pakai Social Spy WhatsApp, Cek Caranya Disini Gampang Banget!

Sementara, Executive Director of APCE-UNESCO C2C Ignasius Dwi Atmana Sutapa mengaku, sangat mengapresiasi upaya dari pemerintah setempat khususnya Polda Banten yang sudah konsen terhadap karya budaya Indonesia yang sangat kaya.

"Patut diapresiasi sebagai karya anak bangsa (Golok Banten) sebagai warisan nenek moyang kita dan nilai yang terkandung dapat diwariskan kepada generasi yang akan datang," ujarnya.

Pun begitu, dia menjelaskan, ada 6 tahapan penilaian oleh UNESCO untuk menjadikan sebuah karya seni menjadi warisan dunia.

Pertama, harus ada pengajuan kepada UNESCO oleh pemerintah. Selanjutnya, UNESCO akan melakukan klarifikasi dan klasifikasi jenis warisan budaya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rikhi Ferdian

Tentang Penulis

Sumber: