Antivirus Tenofovir Disoproxil Fumarate, Cegah Ibu Hamil Tertular Hepatitis B

Antivirus Tenofovir Disoproxil Fumarate, Cegah Ibu Hamil Tertular Hepatitis B

Ilustrasi ibu hamil. (Pixabay)--

Dalam rencana pemakaian antivirus Tenofovir Disoproxil Fumarate pada ibu hamil dengan hepatitis B, sebagai langkah pertama dilaksanakan aktivitas percontohan pada rumahsakit dan Puskesmas di sejumlah propinsi dan kabupaten/kota.

Menkes Budi keluarkan surat Keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/MENKES/15/2023 mengenai Percontohan Pemberian Antivirus pada Ibu Hamil untuk Penangkalan Transmisi Virus Hepatitis B dari Ibu ke Anak.

Percontohan pemberian antivirus pada ibu hamil dilaksanakan dengan memberi obat antivirus Tenofovir Disoproxil Fumarate ke ibu hamil dengan HBsAg positif, dengan kandungan virus sama atau lebih dari 200.000 IU/mL (5,3 log10 IU/mL), atau mungkin dengan Hepatitis B e-Antigen (HBeAg) positif sepanjang trimester ke-3 kehamilan s/d 1 (satu) bulan sesudah melahirkan.

Penerapan pemberian obat antivirus Tenofovir Disoproxil Fumarate ke ibu hamil dengan HBsAg positif dilaksanakan oleh dokter umum yang terbiasa pada sarana kesehatan tingkat pertama atau dokter specialist penyakit pada dalam sarana kesehatan referensi tingkat menengah, dan dikerjakan oleh team kerja yang diputuskan oleh pimpinan di sarana servis kesehatan.

BACA JUGA:Pengamat Politik Sebut Sistem Proporsional Tertutup Cenderung Terjebak ke Masa Lalu

Percontohan pemberian antivirus pada ibu hamil dikerjakan awal tahun 2022 s/d tahun 2023 di rumah sakit dan Puskesmas pada 6 propinsi dan 10 kabupaten/kota. Daftar sarana kesehatan yang melakukan percontohan pemberian antivirus pada ibu hamil, diantaranya:

- DKI Jakarta : Puskesmas Cengkareng dan RSUD Taman Sari Jakarta Barat; Puskesmas Tanah Abang dan RSUD Kemayoran, Jakarta Pusat; Puskesmas Kebayoran Lama dan RSUD Tebet Jakarta Selatan; Puskesmas Cakung dan RSUD Kramat Jati Jakarta Timur; Puskesmas Tanjung Priok dan RSUD Koja Jakarta Utara;

- Jawa Barat : RSUD Kota Bandung dan Puskesmas Arcamanik Kota Bandung;

- Jawa Timur : Puskesmas Sememi, Puskesmas Wonokusumo, RSUD dr. Mohamad Soewandhie, RSUD dr. Soetomo Kota Surabaya;

BACA JUGA:Apple Uji Coba Tiga Aplikasinya di Windows 11

- Lampung : RSUD Hj. Abdul Moeloek, Puskesmas Way Kandis, dan Puskesmas Gedong Air Kota Bandar;

- Kalimantan Selatan : Puskesmas Pekauman Kota Banjarmasin;

- Sulawesi Selatan : Puskesmas Sudiang Raya dan RSUD Labuang Baji Kota Makassar.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Darul Fatah

Tentang Penulis

Sumber: