Program Vaksinasi Covid-19 Sukses, Kinerja Erick Thohir Diapresiasi Masyarakat

Program Vaksinasi Covid-19 Sukses, Kinerja Erick Thohir Diapresiasi Masyarakat

Menteri BUMN Erick Thohir (dok. Ist)--

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Poltracking merilis survei kepuasan masyarakat terhadap kinerja Menteri 8 Desember 2022. 

Menteri BUMN Erick Thohir menjadi Menteri dengan persentase kepuasan tertinggi bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. 

BACA JUGA:Pengamat: PAN Usung Ganjar dan Erick Thohir di Pemilu 2024

BACA JUGA:Sejumlah Klub Dukung Erick Thohir Jadi Ketua Umum PSSI, Begini Tanggapannya

Pengamat komunikasi Fatimah Ibtisam menilai survei ini sebagai instrumen yang dapat menggambarkan dampak kinerja pemerintah bagi kepentingan masyarakat.

Menurutnya salah satu kinerja Erick yang sangat terasa bagi masyarakat adalah terkait program vaksinasi Covid-19. 

"Dari berbagai pencapaian, salah satu kinerja yang patut diapresiasi dari Menteri BUMN ini adalah gerakan vaksinasi masif Covid-19," ujar Fatimah Ibtisam dalam keterangannya kepada wartawan Kamis 8 Desember 2022.

Fatimah menjelaskan, sekitar 230 juta penduduk Indonesia merupakan target program vaksinasi Covid-19 yang berjalan sejak tahun 2021. 

BACA JUGA:Dianggap Pantas Jadi Ketua Umum PSSI, Erick Thohir: Sah-Sah Saja

BACA JUGA:Ikut Rayakan Gelar Juara IBL, Ini Pemain Terbaik Klub Satria Muda menurut Versi Erick Thohir

Saat itu, program vaksinasi masih ini tampak sangat sulit bahkan mustahil, apalagi dengan kondisi geografis Indonesia. Banyak komentar pesimistis mengenai program vaksinasi ini. Namun Thohir beserta segenap Satgas Covid-19 mampu menunaikan tugasnya.

"Rancangan vaksinasi Covid-19 telah disiapkan Erick Thohir di tahun 2020. Ketika itu dirinya ditunjuk sebagai Ketua Pelaksana Satuan Tugas Penanganan Covid-19. Bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan, Kementerian Luar Negeri, pada penghujung 2020 vaksin telah tersedia bagi masyarakat Indonesia. Ketika itu Indonesia termasuk negara awal yang memperoleh vaksin," kata Fatimah.

Tak hanya itu, Erick juga dinilai sukses menyiapkan penunjang vaksin, yaitu sistem berbasis teknologi yang menyatukan data masyarakat, kesehatan, serta vaksinasi, yang kemudian diwujudkan dengan aplikasi Peduli Lindungi.

Erick Thohir juga mendorong riset dan penelitian vaksinasi Covid-19, terutama yang dilakukan BUMN yang bergerak di bidang kesehatan untuk mengembangkan vaksin asli Indonesia, IndoVac. Dan pada akhir 2022, vaksin IndoVac sudah mulai didistribusikan.

Sumber: