Kunci 4K Jadi Jurus Jitu Pemkab Tangerang Tekan Inflasi Tahun 2023

Kunci 4K Jadi Jurus Jitu Pemkab Tangerang Tekan Inflasi Tahun 2023

Rapat Koordinasi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Tangerang. (dok Diskominfo Pemkab Tangerang)--

TANGERANG, FIN.CO.ID -- Pemerintah Kabupaten Tangerang mulai menyiapkan sejumlah langkah dan strategi untuk menekan angka inflasi di tahun 2023 nanti.

Strategi yang akan dilakukan pemkab salah satunya dengan menerapkan kunci 4K yang diklaim dapat mengendalikan inflasi di tahun depan.

BACA JUGA:Beraksi 4 Tahun, Pelaku Pemerasan Modus VCS Sudah Dapat Hasilnya Rp500 Juta

BACA JUGA:Ancam Sebar Poto Mesum Saat Video Call, Pria Asal Riau Diringkus Polresta Tangerang

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Tangerang Yani Sutisna menuturkan, kunci 4K yakni keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, dan komunikasi efektif.

Penerapan Kunci 4K tersebut merespons kondisi eksisting pada saat ini khususnya mengenai kerawanan pangan dan ancaman krisis global.

"Selain itu juga untuk mengendalikan angka inflasi menjelang hari Natal dan tahun baru 2023," kata Yani dikutip FIN, Kamis 8 Desember 2022.

Tak hanya itu, dia juga mengatakan, terdapat sembilan langkah yang menjadi atensi sesuai arahan Mendagri dalam pengendalian inflasi daerah.

BACA JUGA:Tok, UMK Kabupaten Tangerang 2023 Ditetapkan Rp4,5 Juta

BACA JUGA:Ketahuan Curi Handphone, Pria di Tangerang Kabur, dan Berakhir di Jeruji Besi

Kesembilan langkah itu yakni melakukan pemantauan harga dan stok untuk memastikan kebutuhan tersedia, melaksanakan rapat teknis TPID, menjaga pasokan bahan pokok dan barang penting, melaksanakan gerakan menanam, melaksanakan operasi pasar murah bersama dinas terkait.

"Kemudian melaksanakan sidak ke pasar dan distributor agar tidak menahan barang, berkoordinasi dengan daerah penghasil komoditi untuk kelancaran pasokan, merealisasikan BTT untuk dukungan pengendalian inflasi," paparnya

"Terakhir memberikan bantuan transportasi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)," imbuhnya

Dia menambahkan, Pemkab Tangerang juga akan melakukan pemantauan di segala sektor.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rikhi Ferdian

Tentang Penulis

Sumber: