Kisaran UMP Jawa Timur dan Kota Surabaya Tahun 2023 Sebesar Ini, Tapi Harus Tunggu...

Kisaran UMP Jawa Timur dan Kota Surabaya Tahun 2023 Sebesar Ini, Tapi Harus Tunggu...

Ilustasi UMP (Upah minimum provinsi)--Dok. Ist

JAKARTA, FIN.CO.ID - Besaran Upah Minimum Provinsi (UMP) Jawa Timur 2023 jika naik 10 persen akan menjadi Rp2.080.732 dari tahun sebelumnya Rp1.891.567.

Sedangkan untuk Kota Surabaya dengan kenaikan 10 persen maka upah minimum kota/kabupaten (UMK) akan menjadi Rp 4.813.027,109 dari tahun sebelumnya Rp 4.375.479,19.

Meski demikian, kenaikan UMP dan UMK dengan nilai 10 persen yang mengacu pada Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 18 Tahun 2022 tentang Penetapan Upah Minimum Tahun 2023 masih harus menunggu keputusan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Rencananya kenaikan UMP Jawa Timur dan UMK kota dan kabupaten se-Jawa Timur akan diputuskan akhir November 2022. 

BACA JUGA:Besaran UMP Sumatera Utara dan Kota Medan Tahun 2023, Kisarannya Sebanyak Ini

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur (Disnakertrans Prov Jatim), Himawan Estu Bagijo mengatakan jika besaran UMP lebih tinggi dari UMK Kabupaten/Kota, maka UMK Kabupaten/Kota yang besarannya kurang dari UMP nantinya akan menyesuaikan dengan UMP.

“Sudah terbit regulasi baru yaitu Permenaker Nomor 18 Tahun 2022 ditandatangani Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziyah pada 16 November 2022 yang memberi arahan mengenai penetapan upah di Indonesia, apakah itu UMP atau UMK yang harus dipedomani oleh Bupati, Wali Kota dan Gubernur. Pedoman baru ini setelah memperhatikan kondisi faktual atas kenaikan BBM, ditetapkan 16 November,” kata Himawan, dikutip Suara Surabaya, Minggu, 20 November 2022

Dijelaskannya, dalam Pasal 6 Permenaker 18 Tahun 2022 dijelaskan rumus formula penghitungan Upah Minimum sebagai berikut: UM(t+1) = UM(t) + (Penyesuaian Nilai UM x UM(t)). 

UM(t+1) adalah Upah Minimum yang akan ditetapkan, UM(t) adalah Upah Minimum Tahun Berjalan.

Kemudian penyesuaian Nilai UM adalah Penyesuaian Upah Minimum yang merupakan penjumlahan antara inflasi dengan perkalian pertumbuhan ekonomi dan a (alpha). 

Dijelaskannya, dari perhitungan formula ini maka membuat UMP Jatim naik dengan presentase luar biasa.

BACA JUGA:Besaran UMP Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2023 Segera Ditetapkan, Segini Besarannya?

“Di formula ini ada 3 opsi yaitu a1, a2, dan a3. Kalau a1 itu UMP Jatim sudah di atas Rp2 juta, nah dengan UMP a1 ini akan ada kira-kira beberapa kabupaten/kota di Jatim yang UMK-nya mengikuti UMP,” tambahnya.

Apabila daerah-daerah ini UMK-nya bisa menyamai UMP Jatim, menurut Himawan, akan menutupi disparitas antara Ring 1 dengan wilayah lainnya. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: