Video Cengengesannya Viral, Roberth Rouw Ngaku Anggota DPR Tak Tahu SOP Gempa

Video Cengengesannya Viral, Roberth Rouw Ngaku Anggota DPR Tak Tahu SOP Gempa

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Roberth Rouw tertawa saat terjadi gempa Cianjur-TVR PARLEMEN -Youtube

JAKARTA, FIN.CO.ID - Setelah video tertawanya saat gempa Cianjur viral di medsos, Wakil Ketua Komisi V DPR Roberth Rouw memberikan klarifikasi. Alasannya, anggota DPR tidak tahu SOP saat terjadi gempa bumi. 

Roberth Rouw membantah dirinya tertawa melihat Kepala BMKG Dwikorita Karnawati berlindung di bawah meja saat gempa Cianjur terjadi pada Senin, 21 November 2022 kemarin. 

BACA JUGA:Ini Anggota DPR yang Cengengesan saat Ada Gempa Cianjur

Seperti diketahui, gempa 5,6 Magnitudo yang terjadi di Cianjur juga dirasakan hingga ke Jabodetabek. Termasuk gedung DPR RI yang berada di kawasan Senayan, Jakarta. 

"Kemarin kita yang rapat di sini ya, sempat menjadi viral karena saya katanya tertawain Kepala BMKG. Yang saya tertawakan itu kita (anggota DPR)," ujar Roberth Rouw  dalam rapat kerja Komisi V DPR RI bersama BMKG dan Basarnas di gedung DPR RI Senayan, Jakarta, seperti dilihat fin.co.id dari channel Youtube TVR PARLEMEN pada Selasa, 22 November 2022. 

BACA JUGA:Update Gempa Cianjur: 252 Korban Meninggal Dunia dan 2.834 Rumah Ambruk

Menurut Roberth, dirinya sempat mencari keberadaan Dwikorita Karnawati yang tiba-tiba menghilang. 

Namun, lanjut Roberth, mayoritas orang di dalam ruang rapat tidak ada yang berlindung. Termasuk dari anggota BMKG, Basarnas dan anggota DPR.

"Yang saya tertawain itu kita. Saya cari Ketua BMKG di mana? Ternyata beliau di dalam di bawah kursi. Tapi saya lihat semua ini tidak turun juga. Dari Basarnas tidak ada, dari BMKG di belakang semua di atas ya kan. Apalagi dari anggota, kami tidak tahu," terang Roberth.

Dalam klarifikasi, Roberth memuji aksi Dwikorita Karnawati. 

BACA JUGA:Kemenkes Mobilisasi Tenaga dan Logistik Kesehatan untuk Korban Gempa Cianjur

"Ternyata begitu ibu kepala BMKG ini harus turun. Saya sampaikan benar. Saya ketawa karena kami ini tidak tahu. Jangankan kami anggota dewan. Yang ada di belakang sana juga tidak ada satu pun yang turun. Berarti ibu kepala BMKG ini betul-betul taat menghadapi tindakan menghadapi gempa. Terutama di dalam gedung," lanjut Roberth. 

Dia juga meminta hal tersebut menjadi evaluasi semua pihak. Terutama anggota BMKG dan Basarnas.

"Saya mohon jajaran BMKG. Jangan selalu mengajarkan cara menyelamatkan diri dari gempa, tapi saat kena gempa sendiri tidak melakukan itu. Ya, betulkan," tutur Roberth.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: