Gempa Cianjur Akibat Adanya Sesar Aktif

Gempa Cianjur Akibat Adanya Sesar Aktif

Korban meninggal dunia akibat gempa di Kabupaten Cianjur tercatat mencapai 162 orang. --

JAKARTA, FIN.CO.ID- Gempa Cianjur dengan kekuatan 5,6 magnitudo pada Senin 21 November 2022 kemarin, terjadi karena adanya sesar aktif.

Koordinator Geologi Gempabumi dan Tsunami Badan Geologi Kementerian ESDM Supartoyo mengatakan, keberadaan sesar aktif tersebut hingga kini belum diketahui dengan baik. Karateristik dan lokasinya berada pada bagian timur laut zona sesar Cimandiri.

Berdasarkan posisi lokasi pusat gempa, kedalaman dan data mekanisme bersumber dari BMKG dan GFZ Jerman, kejadian gempa bumi magnitudo 5,6 yang mengguncang Cianjur diakibatkan aktivitas sesar aktif.

"Kalau analisis sementara gempa bumi yang terjadi tadi siang (kemarin, red) itu merupakan gempa bumi tektonik dan letaknya itu di darat. Jadi sumbernya di darat, patahan aktif yang ada di darat," ujar Supartoyo kepada Cianjur Ekspres, Senin 21 November 2022.

Supartoyo mengungkapkan hal tersebut berdasarkan posisi lokasi pusat gempa, kedalaman dan data mekanisme bersumber dari BMKG dan GFZ Jerman.

BACA JUGA:Gempa Cianjur, Kemensos Turunkan Tim di Tujuh Kecamatan Terdampak

Supartoyo mengatakan, analisis sementara gempa tersebut merupakan gempa tektonik yang letaknya di darat. 

"Jadi sumbernya di darat, patahan aktif yang ada di darat," ujar Supartoyo.

Menurutnya, dampak getaran gempa cukup signifikan. Dimana berdasarkan video yang beredar, dirinya melihat kemungkinan guncangan gempa buminya mencapai skala VI MMI (Modified Mercalli Intensity).

"Jadi skala VI MMI dalam artian konstruksi bangunan tidak didesain tahan gempa bumi bisa rusak parah, bahkan bisa roboh. Kemudian juga dipicu adanya longsoran dan mudah-mudahan tidak ada likuefaksi," kata Supartoyo.

Dia menjelaskan, berdasarkan kedudukan episenternya baik dari data BMKG, The United States Geological Survey (USGS) Amerika Serikat dan GeoForschungsZentrum (GFZ) Jerman, posisinya berada di luar zona sesar Cimandiri. 

"Kemungkinan patahan lainnya yang memang belum teridentifikasi dengan baik, posisinya berada di sebelah Timur Laut dari Zona Sesar Cimandiri," sambungnya.

BACA JUGA:Korban Meninggal Dunia Gempa Cianjur 162 Orang Mayoritas Anak-Anak

162 Orang Meninggal Gempa Cianjur

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: