Jelang Akhir Tahun 2022, Realisasi Ekspor di Kabupaten Tangerang Tembus USD6,1 Miliar

Jelang Akhir Tahun 2022, Realisasi Ekspor di Kabupaten Tangerang Tembus USD6,1 Miliar

Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kabupaten Tangerang Iskandar Nordat -Rikhi Ferdian untuk FIN.CO.ID-

TANGERANG, FIN.CO.ID -- Realisasi ekspor Kabupaten Tangerang, Banten periode Januari-September 2022 mencapai USD6,1 miliar, atau setara dengan Rp92 triliun.

Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Tangerang Iskandar Nordat menuturkan, jika dilihat dari angkanya terjadi peningkatan ekspor yang sangat signifikan. 

BACA JUGA:Miris! Jumlah TKA di Kabupaten Tangerang Capai 1.372 orang, Tapi yang Bayar Dana Kompensasi Baru 547 Orang

BACA JUGA:UMKM Binaan PLN Kebanjiran Order saat Gelaran KTT G20

Pasalnya, pada periode yang sama tahun sebelumnya, nilai ekspor hanya mencapai Rp15 triliun per semesternya. 

"Sampai September 2022 realisasi nilai ekspor kita USD6,179, 087 395 miliar," kata Noerdat kepada FIN di Tangerang, Senin 21 November 2022.

Dia menyebut, ada 10 komoditi di Kabupaten Tangerang yang memberikan kontribusi cukup besar dalam peningkatan nilai ekspor tersebut. 

Mulai dari industri alas kaki, garmen dan tekstil, keramik, makanan dan minuman, handycraft dan kerajinan kayu, kertas dan plastik, hingga bulu mata dan kuku palsu. 

BACA JUGA:Lansia di Tangerang Pernah Tiga Kali Terseret Arus Sungai Cimanceuri, Kali ini Nyawanya Tak Tertolong

BACA JUGA:Soal Banjir di Wilayah Tol Bitung, Bupati Tangerang: Jangan Saling Tuduh!

"Produk-produk tersebut diekspor ke 10 yang termasuk paling besar yakni Belgia, Jerman, United Kingdom, China, Amerika, Belanda, Jepang, Korea, Italia, dan Thailand," terangnya

Diutarakannya, produk-produk bernilai ekspor tersebut diproduksi oleh 10 perusahaan yang telah memiliki Surat Keterangan Asal (SKA) atau biasa disebut Certificate of Origin (COO). 

Diantaranya, PT. KMK Global Sport, PT. Adis Dimension Footwear, PT. Chingluh Indonesia, PT. Asia Dwimitra Industri, PT. Tungmung Textile, dan PT. Spinmill Indah Industri.

"Tapi sebenarnya secara keseluruhan ada 152 perusahaan yang tercatat di Kabupaten Tangerang yang aktif melakukan ekspor," ujarnya

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rikhi Ferdian

Tentang Penulis

Sumber: