Wow Ada Emas Batangan yang Disita KPK dalam Kasus Lukas Enembe

Wow Ada Emas Batangan yang Disita KPK dalam Kasus Lukas Enembe

Ketua KPK bertemu Lukas Enembe di kediamannya di Papua (dok istimewa) --

JAKARTA, FIN.CO.ID - Dalam penyidikan kasus gratifikasi yang menjerat Gubernur Papau Lukas Enembe, ternyata Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita emas batangan.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan tim penyidik KPK menyita emas batangan dan uang tunai.

Penyitaan tersebut dilakukan KPK usai melakukan penggeledahan di Jakarta dalam penyidikan kasus dugaan suap dan gratifikasi yang menjerat Lukas Enembe.

"Tim penyidik KPK, Rabu (9/11) dalam perkara dengan tersangka LE, telah selesai menggeledah di dua lokasi berbeda di Jakarta, yaitu rumah kediaman tersangka LE dan juga sebuah apartemen," katanya, Kamis, 10 November 2022.

BACA JUGA:Permahi Kritik Keras Ketua KPK Firli Bahuri Bertemu Lukas Enembe

Dari penggeledahan tersebut, tim penyidik menemukan beberapa dokumen terkait perkara, bukti elektronik, catatan keuangan, uang tunai dalam bentuk rupiah, dan emas batangan.

"Segera dilakukan analisis dan penyitaan sebagai barang bukti dalam perkara dengan tersangka LE dan kawan-kawan," ucap Ali.

Diketahui pada Jumat, 4 November 2022, KPK juga telah menggeledah tiga lokasi di Kota Jayapura, yakni rumah dari pihak yang terkait kasus itu dan dua kantor perusahaan swasta.

BACA JUGA:KPK: Kedatangan Firli ke Rumah Lukas Enembe Tak Langgar Aturan

Dari lokasi tersebut, ditemukan dan diamankan berbagai dokumen dan bukti elektronik yang diduga memiliki keterkaitan dengan pembuktian kasus tersebut.

Dalam penyidikan kasus itu, tim penyidik KPK telah memanggil Lukas Enembe untuk diperiksa dalam kapasitas sebagai saksi di Mako Brimob Papua pada Senin (12/9). Namun, Lukas Enembe tidak hadir.

Berikutnya, KPK juga telah memanggil Lukas Enembe untuk diperiksa sebagai tersangka di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (26/9). Namun, yang bersangkutan juga tidak hadir dengan alasan sakit dan mengajukan surat untuk berobat ke Singapura.

BACA JUGA:Momen Pertemuan Firli Bahuri dengan Lukas Enembe Jadi Sorotan Aktivis Antikorupsi

Tim penyidik KPK pun menemui Lukas Enembe di kediamannya di Kota Jayapura, Papua, Kamis (3/11) dalam rangka pemeriksaan kasus. Selain itu, tim yang terdiri dari dokter KPK dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) juga menemui Lukas Enembe untuk pemeriksaan kesehatan. Turut hadir dalam rombongan tersebut Ketua KPK Firli Bahuri.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: