Kejagung Tetapkan Empat Orang Tersangka Kasus Impor Garam Industri

Kejagung Tetapkan Empat Orang Tersangka Kasus Impor Garam Industri

Garam Himalaya, Image oleh pictavio dari Pixabay--

“Saya bekas pejabat dipanggil ada kasus begini, ya biasa. Untuk saya pribadi sebagai warga negara yang baik patuh pada hukum, saya datang. Sebagai seseorang yang mengerti itu garam yang diproduksi petani, tata niaga regulasi, ingin ikut serta menjernihkan berikan pendapat dan pandangan pendapat yang saya ketahui sebagai Menteri KP,” katanya, Jumat, 7 Oktober 2022. 

BACA JUGA:Total Ada 11 Tembakan Gas Air Mata di Stadion Kanjuruhan, Ini Rinciannya

Menurut Susi di KKP soal perlindungan untuk petani garam yang memang diamanatkan dalam UU Nomor 7 tahun 2016. Karenanya menurutnya, sangat wajib untuk melindungi petani garam.

“Kita wajib melindungi petani garam, harga stabil, petani produksi lebih banyak, jamin harga produksi, itu kepentingan saya, kepentingan bangsa ini. Terakhir ini saya kalau ada orang yang memanfaatkan tata niaga yang rugikan petani harus dapat atensi hukuman yang setimpal, merugikan petani, berarti ambil hak hak petani. Harga petani jatuh karena impor berlebihan kasian petani. Saya hari ini ikut bantu petani, tetep ada, kesejahtarananya. Karena saya bukan pejabat, saya titipkan ke kejagung,” jelas Susi. 

Terpisah, Direktur Penyidikan (Dirdik) pada Jampidsus Kejagung Kuntadi menyebut pemeriksaan Susi Pudjiastuti sebagai saksi perkara impor garam nasional.

BACA JUGA:Cadangan Devisa Akhir September 2022 Susut USD 1,4 Miliar, Uangnya Dipakai Buat Bayar Utang Luar Negeri

Susi Pudjiastuti diperiksa sebagai saksi dengan kapasitas  mantan Menteri KKP.

"Pada hari ini Tim Penyidikan Garam Kejaksaan Agung memanggil Ibu Susi Pudjiastuti sebagai saksi dalam perkara impor garam nasional dalam kapasitas beliau sebagai mantan menteri KKP," katanya.

BACA JUGA:Protes Jalan Rusak, Warga Sindang Jaya Tangerang Tanam Pohon Pisang di Tengah Jalan

Kuntadi menyebutkan Susi dimintai konfirmasi soal latar belakang serta prosedur dalam penentuan kuota impor garam.

"Untuk mengetahui latar belakang dan bagaimana cara menentukan kuota impor garam," tambahnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: