Data Terbaru, Gagal Ginjal Anak di DKI Tembus di Angka 90 Kasus

Data Terbaru, Gagal Ginjal Anak di DKI Tembus di Angka 90 Kasus

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti. (ist)--

JAKARTA, FIN.COID - Kasus gagal ginjal akut anak di Jakarta tembus di angka 90.

Angka tersebut berdasarkan data yang diterima Dinas Kesehatan DKI dari berbagai rumah sakit di Jakarta.  

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) DKI Jakarta Widyastuti, data terkini tersebut dikumpulkan oleh seluruh rumah sakit di ibu kota hingga 24 Oktober 2022. 

BACA JUGA:Kinerja Pj Gubernur DKI Heru Budi Belum Bisa Dinilai, PKS: Saluran yang Dibuat Anies Itu Dicek Lagi

“Jadi, angka 90 kasus ini bisa kami kumpulkan karena partisipasi aktif dari semua RS di DKI yang telah melakukan hospital record review sehingga datanya kami dapatkan,” ujar Widya di webinar daring, Selasa (25/10/2022).

Widya menuturkan, kerja petugas Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta berlanjut dari kewaspadaan dan penanganan Covid-19 ke kasus gagal ginjal akut. 

Pihaknya terus menganalisis situasi DKI Jakarta terkait penyakit yang rata-rata dialami oleh anak-anak. 

“Kemarin kami melakukan penanganan dengan baik di RS masing-masing, kemudian nanti juga bagaimana ke depan atau saat ini langkah kebijakan yang ditetapkan Kemenkes terkait kasus ini,” kata dia.

BACA JUGA:Wanita Tangguh asal Bandung Ini Pilih Jadi Petugas Pemadam Kebakaran karena Suka Tantangan

Ia menyebutkan, pihaknya berupaya berkoordinasi untuk mengedukasi masyarakat terkait gagal ginjal pada anak. Mereka juga mengumpulkan tim penggerak PKK di semua wilayah baik kelurahan kecamatan hingga kota yang dipimpin langsung oleh Ketua PKK.

“Satu kader berhadapan atau membawahi mengoordinasi 10 hingga 20-an dengan harapan cepat tersampaikan. Selain itu, teman kami di tingkat puskesmas, suku dinas melakukan kegiatan edukasi melalui berbagai media,” tutur dia.

Dinkes DKI sempat mengumumkan kalau penambahan kasus gagal ginjal akut misterius di Jakarta menjadi 82 orang pada 22 Oktober 2022.

Sebelumnya, dalam berbagai layanan kesehatan, Suku Dinas (Sudin) Kesehatan Jakarta Pusat mengedukasi upaya pencegahan dan penanganan, serta mengantisipasi penyakit ginjal akut misterius pada anak. 

BACA JUGA:Teriak Histeris, Nikita Mirzani Resmi Ditahan di Rutan Serang

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Darul Fatah

Tentang Penulis

Sumber: