Prestasi! BSI Kuasai 50 Persen Pangsa Pasar Keuangan Syariah Indonesia

Prestasi! BSI Kuasai 50 Persen Pangsa Pasar Keuangan Syariah Indonesia

Ilustrasi - Bank Syariah Indonesia (ist-net)--

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Bank Syariah Indonesia (BSI) mengklaim berhasil menguasai 50 persen pangsa pasar keuangan syariah di Indonesia. 

Kuatnya penetrasi pasar BSI dipengaruhi oleh beberapa hal, diantaranya adalah adanya kemudahan yang diberikan kepada para nasabahnya. 

BACA JUGA:Puja-puji Wamen BUMN Untuk BRI Sebagai Terdepan Jalankan Inklusi Keuangan

BACA JUGA:Makin Diandalkan Masyarakat, Dalam 8 Bulan Volume Transaksi AgenBRILink Capai Rp855 Triliun

Direktur Finance dan Strategy BSI, Ade Cahyo Nugroho mengungkapkan rahasianya. Setidaknya ada 3 hal yang jadi keunggulan BSI dalam hal pelayanan.

Yakni, BSI memberikan solusi finansial, solusi spiritual, dan solusi sosial bagi penggunanya. 

Dari sisi finansial, Cahyo menyebut BSI memberikan layanan yang sama dengan bank konvensional.

"Tapi di BSI bisa juga ada solusi spiritual sekaligus solusi sosial di mobile banking. Kita bisa mendapat pemberitahuan kapan waktu untuk solat, misalnya di Bali, kemana arah kiblatnya, atau dimana masjid terdekat dari platform mobile kita," kata Cahyo dalam Panel Diskusi SOE International Conference, Selasa 18 Oktober 2022. 

BACA JUGA:Bukan DP Nol Persen, Ini Jurus Baru Pemerintah Agar MBR Bisa Punya Rumah, Namanya Staircasing Ownership

BACA JUGA:Melesat dengan Transformasi, BRI Terus Garap Pertumbuhan Baru UMKM

Disamping itu, pengguna juga bisa melakukan donasi, zakat, dan infak melalui mobile banking. Bahkan, ada fitur pemberitahuan kepada pengguna untuk melakukan donasi pasca menyelesaikan transaksi.

"Ini unik dan bisa menjadi salah satu pembeda dengan bank lainnya. Dan menurut data kami, orang-orang banyak menggunakan fitur-fitur ini," ujarnya.

Dari porsi nasabah bank syariah, Cahyo mengatakan kalau BSI memegang sekitar 45-50 persen nasabah bank syariah. Artinya, banyak masyarakat indonesia menggunakan BSI.

"45-50 dari seluruh bank syariah di Indonesia. Dan kalau dibandingkan dengan pemain kedua, saya pikir gap-nya cukup tinggi ya," ujarnya.

BACA JUGA:Skema ETM Jadi Solusi Pemerintah Percepat Transisi Energi

BACA JUGA:Fantastis! Indonesia Battery Corporation Raih Investasi Ratusan Triliun

"Maksud saya semua peluang untuk perbankan syariah sangat mengarah ke BSI kalau kita bisa juga memanfaatkan pengembangan ke segmentasi yang jelas," sambungnya. 

Target 44 Juta Transaksi

BSI sendiri menargetkan 44 juta transaksi BSI Mobile. Perusahaan akan mendorong akuisisi dan aktivasi user penggunaan transaksi digital melalui penggunaan BSI Mobile.

Ini menjadi salah satu cara BSI untuk menjangkau masyarakat lebih dekat dengan perbankan syariah dimanapun dan kapanpun.

Cara ini terbukti cukup berhasil sejalan dengan user pengguna BSI Mobile mencapai 4,07 Juta user naik sebesar 81 persen secara yoy pada Juni 2022.

BACA JUGA:Sederet Transformasi Digital Berhasil Dilakukan BUMN, Mulai Layanan Perbankan hingga PeduliLindungi

BACA JUGA:Erick Thohir Pamer Hasil Transformasi Kinerja BUMN: Pendapatan BUMN Naik Jadi Rp 2.295 Triliun

Jumlah pengguna yang semakin meningkat dipengaruhi oleh perubahan perilaku masyarakat yang mulai beralih ke e-channel BSI Mobile, ATM maupun Internet Banking.

Di mana saat ini profil nasabah BSI sebanyak 97 persen telah beralih menggunakan e-channel untuk beraktivitas perbankan. 

Transaksi kumulatif BSI Mobile per Juni 2022 mencapai 117,72 juta transaksi dan berkontribusi memberikan fee based income sebesar Rp119 miliar.

SEVP Digital Banking BSI Saut Parulian Saragih BSI mengatakan minat masyarakat terhadap penggunaan BSI Mobile terus meningkat, dan perseroan terus melakukan inovasi dan strategi guna mempercepat akselerasi transaksi digital dengan mengusung sahabat finansial, sahabat sosial dan sahabat spiritual.

BACA JUGA:Kontribusi BUMN Dukung Pencapaian Target Net Zero Emission 2060, PGN Siap Kembangkan Bisnis Biomethane

BACA JUGA:RI Butuh Rp 190 T Untuk Pembangunan Air Bersih, 31 Proyek Dibiayai Indonesia Water Fund

Karena ke depan BSI Mobile diharapkan menjadi channel literasi perbankan syariah yang menjangkau masyarakat hingga pelosok.

"Pengembangan inovasi layanan digital menjadi salah satu fokus BSI ditahun ini, mengingat cara ini berhasil meningkatkan efisiensi biaya dan peningkatan fee based bagi perseroan. Tidak hanya bisnis, melalui BSI Mobile kami berharap semakin mendekatkan masyarakat melalui kemudahan menjangkau BSI dimanapun dan kapanpun," pungkasnya. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: