Erick Thohir Pamer Hasil Transformasi Kinerja BUMN: Pendapatan BUMN Naik Jadi Rp 2.295 Triliun

Erick Thohir Pamer Hasil Transformasi Kinerja BUMN: Pendapatan BUMN Naik Jadi Rp 2.295 Triliun

Menteri BUMN Erick Thohir saat memberikan sambutan di acara SOE International Conference di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali, Senin 17 Oktober 2022-Istimewa-

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terus melakukan transformasi BUMN secara komprehensif sejak tahun 2019 dan saat ini progres transformasi tersebut sudah mencapai 80 persen.

Menteri BUMN Erick Thohir menargetkan, transformasi tersebut bisa selesai 100 persen dalam kurun waktu satu setengah tahun ke depan.

BACA JUGA:NU Women Resmi Diluncurkan, Erick Thohir Dorong Muslimah NU Jadi Penggerak Roda Ekonomi Indonesia

BACA JUGA:Komisi VI DPR Desak Erick Thohir Copot Zulfan Lindan dari Komisaris BUMN

"Transformasi BUMN ini menjadi fokus kami dan kami sangat bersyukur bahwa kerja keras yang sudah dilakukan selama tiga tahun terakhir, membuahkan hasil yang signifikan, di mana kinerja BUMN pada tahun 2021 menghasilkan peningkatan yang cukup signifikan," ujarnya, saat memberikan sambutan di acara SOE International Conference di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali, Senin 17 Oktober 2022. 

Erick Thohir menjelaskan, pendapatan BUMN meningkat 18,8 persen pada 2020-2021, menjadi Rp 2.295 Triliun (USD 160 miliar), laba konsolidasi juga meningkat 838 persen dari Rp 13 triliun (USD 892 juta) pada tahun 2020 menjadi Rp 124,7 triliun (USD 9 miliar) pada tahun 2021. 

Sementara total aset mencapai Rp 8.978 triliun (USD 630 miliar) pada akhir tahun 2021, setara dengan 53 persen Produk Domestik Bruto Indonesia.

Erick Thohir juga menyampaikan, kepemimpinan di BUMN, baik oleh perempuan maupun generasi muda telah menunjukkan kemajuan yang positif. 

BACA JUGA:Lima Rencana FIFA untuk Indonesia, Erick Thohir: Kita Hadapi, Kita Atasi!

BACA JUGA:Apresiasi Kebijakan Erick Thohir, Komisi VI DPR Dorong BUMN Terus Berpihak ke Ekonomi Rakyat

Di tahun 2021, kepemimpinan perempuan di jajaran direksi telah mencapai 15 persen dan kepemimpinan generasi muda telah mencapai 5 persen. 

Maka itu, ia bercita-cita untuk mencapai target kepemimpinan perempuan sebesar 25 persen dan pemimpin muda sebesar 10 persen pada tahun 2023.

"Tentunya, kami berkomitmen untuk melanjutkan transformasi ini agar BUMN dapat memberikan kontribusi yang lebih baik bagi Indonesia dan bisa menjadi pemain global," tuturnya. 

Mantan bos Inter Milan ini menilai, hasil transformasi BUMN menunjukkan bahwa berbagai kebijakan yang dirumuskan dan upaya yang dilakukan sudah pada arah yang tepat.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: