Skema ETM Jadi Solusi Pemerintah Percepat Transisi Energi

Skema ETM Jadi Solusi Pemerintah Percepat Transisi Energi

Wakil Menteri (Wamen) BUMN I Pahala Nugraha Mansury saat diskusi panel dalam Konferensi Internasional BUMN di Nusa Dua, Bali, Selasa 18 Oktober 2022. (Dok. Lementerian BUMN) --

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Skema Energy Transition Mechanism (ETM) menjadi jurus pemerintah untuk mendorong percepatan yransisi energi. Diketahui, transisi energi diperlukan untuk mencapai target Net Zero Emission (NZE) pada 2060 mendatang. 

Skema ETM tersebut melibatkan dukungan langsung dari Asia Development Bank (ADB).

BACA JUGA:Fantastis! Indonesia Battery Corporation Raih Investasi Ratusan Triliun

BACA JUGA:Sederet Transformasi Digital Berhasil Dilakukan BUMN, Mulai Layanan Perbankan hingga PeduliLindungi

Wakil Menteri (Wamen) BUMN I Pahala Nugraha Mansury menilai prinsip Indonesia dalam transisi energi tetap mengedepankan keterjangkauan dan sustainability bagi masyarakat.

"Tentu saja, ketika kita bicara energi bersih kita tidak bisa meninggalkan masyarakat. Untuk itu, kolaborasi dari sisi investasi, teknologi maupun kerja sama studi perlu terus dilakukan untuk mempercepat tercapainya target dekarbonisasi," ujar Pahala saat diskusi panel dalam Konferensi Internasional BUMN di Nusa Dua, Bali, Selasa 18 Oktober 2022. 

Pahala menyebutkan, salah satu proyek transisi energi yang digarap oleh pemerintah Indonesia dengan skema ETM ini adalah early retirement Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). 

Untuk bisa memensiunkan PLTU, ucap Pahala, PLN tentu butuh dana yang tidak sedikit. Maka itu,  ETM hadir sebagai salah satu strategi pembiayaan untuk memensiunkan PLTU lebih awal.

BACA JUGA:Erick Thohir Pamer Hasil Transformasi Kinerja BUMN: Pendapatan BUMN Naik Jadi Rp 2.295 Triliun

BACA JUGA:Kontribusi BUMN Dukung Pencapaian Target Net Zero Emission 2060, PGN Siap Kembangkan Bisnis Biomethane

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan, PLN sudah menyiapkan peta memensiunkan PLTU untuk mencapai Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060. 

Mekanisme pensiun dini pada PLTU batu bara akan dilaksanakan secara bertahap baik berupa secara natural maupun pemensiunan lebih cepat (early retirement) dan menggantinya dengan EBT.

"Tak hanya memensiunkan PLTU eksisting, sesuai peta jalan menuju NZE 2060, PLN juga tidak akan melakukan pembangunan PLTU baru, kecuali penyelesaian pembangunan saat ini yang sudah dalam tahap konstruksi," ungkap Darmawan.

Sementara itu, Director Energy Division Southeast Asia Departement ADB, Toru Kubo menjelaskan, melalui mekanisme pembiayaan ETM ini maka Indonesia bisa mendapatkan tambahan dana untuk bisa mengakselerasi proyek dekarbonisasi.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: