Puja-puji Wamen BUMN Untuk BRI Sebagai Terdepan Jalankan Inklusi Keuangan

Puja-puji Wamen BUMN Untuk BRI Sebagai Terdepan Jalankan Inklusi Keuangan

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo, saat menjadi pembicara dalam SOE International Conference di sesi diskusi panel di Nusa Dua, Bali, Senin 17 Oktober 2022 (dok Kementerian BUMN)--

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Bank Rakyat Indonesia atau BRI disebut sebagai Bank yang terdepan dalam menjalankan inklusi keuangan di Indonesia. 

Hal itu disampaikan Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo, saat menjadi pembicara dalam SOE International Conference di sesi diskusi panel di Nusa Dua, Bali, Senin 17 Oktober 2022 kemarin.

BACA JUGA:Erick Thohir Pamer Hasil Transformasi Kinerja BUMN: Pendapatan BUMN Naik Jadi Rp 2.295 Triliun

BACA JUGA:Sederet Transformasi Digital Berhasil Dilakukan BUMN, Mulai Layanan Perbankan hingga PeduliLindungi

Tiko, demikian ia biasa disapa mengatakan, BUMN terus membantu pemerintah dalam meningkatkan inklusi keuangan. Ia juga menyebut Indonesia telah mendorong inklusi keuangan sejak 10 tahun lalu.

"Tapi baru makin kencang pada 2010 hingga 2015, yang mana pemerintah memperkenalkan dua instrumen yaitu agen banking dan KUR. Saat ini, pertumbuhan inklusi tersebut mencapai 50 persen dan 84 persen," ujar Tiko.  

Tiko menyampaikan PT BRI (Persero) menjadi bank terdepan dalam proses revolusi ini. Hal ini tak lepas karena BRI memiliki jumlah agen banking terbesar dan juga mendapatkan amanah sebagai penyelenggara KUR.

"BRI menjadi bank terdepan dalam proses revolusi ini, karena mereka memiliki jumlah agen banking terbesar dan sebagai penyelenggara KUR. Dua hal ini yang menciptakan kredit di rural area, remote area, termasuk di pulau terpencil yang selama ini tak terjangkau oleh layanan Bank. Ini, menurut saya merupakan inovasi yang terjenius dalam menghadirkan layanan Bank,  kepada orang yang tak datang ke Bank," ungkapnya.

BACA JUGA:Jurus Pemerintah Kurangi Impor BBM Dengan menciptakan Ekosistem Kendaraan Listrik, Dimulai Dari BUMN

BACA JUGA:Paparkan Upaya Pengurangan Emisi di Konferensi BUMN Negara G20, PLN Siap Pimpin Transisi Energi Indonesia

Tiko mengatakan dua keunggulan ini membuat BRI dapat menjangkau wilayah yang selama ini tidak terjangkau layanan bank. 

Tiko menyampaikan BRI melalui holding ultra mikro bersama PNM dan Pegadaian juga berkolaborasi dalam program Mekaar untuk ibu-ibu.

"Kita punya program Mekaar untuk perempuan yang ada di rural area. Ini jumlahnya juga masif. Kami membina bagaimana mereka membuat model arus kas dan lain-lain. Tujuannya untuk mengembvangkan bisnis mereka," lanjutnya.

Setelah skala usaha meningkat, ucap Tiko, para nasabah PNM Mekaar bisa kian membesarkan membesarkan usahanya lewat akses KUR dengan rate bunga 6 persen. Tak hanya itu, Tiko mengatakan nasabah ini juga dapat mengakses kredit asuransi.

Sumber: