Ungkap Alasan Tak Optimal Atasi Sampah, Pemkab Tangerang: Kita Kekurangan Mobil Pengangkut

Ungkap Alasan Tak Optimal Atasi Sampah, Pemkab Tangerang: Kita Kekurangan Mobil Pengangkut

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Tangerang Achmad Taufik-Rikhi Ferdian-fin.co.id

TANGERANG, FIN.CO.ID - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, kesulitan mengangkut sampah yang ada di wilayahnya. 

Terbatasnya jumlah mobil atau armada pengangukut sampah menjadi dalang penanganan sampah di Kabupaten Tangerang kurang optimal. 

"Pengangkutan sampah jadi kurang maksimal karena keterbatasan jumlah armada," kata Kepala DLHK Kabupaten Tangerang Achmad Taufik, Kamis 13 Oktober 2022.

BACA JUGA:Andi Arief: Cara Hasto Kristiyanto Mirip DN Aidit

BACA JUGA:Polisi 'Diam-diam' Tangkap Bambang Tri Mulyono, Ternyata Awalnya Beredar melalui Pesan Berantai

Dia menyebut, saat ini DLHK hanya memiliki 213 armada pengangkut. Ditambah dengan 45 armada yang ada di setiap kecamatan. 

Namun, menurut dia, jumlah armada yang ada belum sebanding dengan jumlah sampah yang dihasilkan. Terlebih, saat ini banyak armada yang kondisinya sudah rusak. 

"Sementara ini kondisinya sudah banyak yang rusak jadi memang kita masih keterbatasan jumlah armada," ujarnya.

BACA JUGA:Ngeri... Ternyata Korban Tragedi Kanjuruhan Tembus 754 Orang

Terkait dengan volume sampah, Taufik menjelaskan, dihitung dari luas wilayah Kabupaten Tangerang sekitar 1.000 kilometer persegi dengan jumlah penduduknya mencapai 4 juta jiwa. 

Maka jika dikali dengan 0,5 gram sampah perhari, produksi sampah di Kabupaten Tangerang bisa mencapai 2.000 ton dalam sehari. 

"Sebagian diangkut ke TPA Jatiwaringin dan sebagian lagi diolah kelompok masyarakat seperti di TPST3R dan bank sampah," pungkasnya.

Diserahkan ke BUMD

Pengelolaan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jatiwaringin, Mauk, Kabupaten Tangerang, rencananya bakal diserahkan kepada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rikhi Ferdian

Tentang Penulis

Sumber: