Heboh Tuding Ijazah Jokowi di UGM Palsu, Ternyata Dokter Tifa Disebut Bukan Lulusan Doktor STF Driyarkara

Heboh Tuding Ijazah Jokowi di UGM Palsu, Ternyata Dokter Tifa Disebut Bukan Lulusan Doktor STF Driyarkara

Dokter Tifauzia Tyassuma atau biasa disapa dr Tifa.-Instagram/@tifauziatyassuma-

Surat tersebut, STF Driyarkara menyatakan Dokter Tifa tidak pernah mengikuti program doktor, melainkan hanya program matrikulasi filsafat tahun ajaran 2018-2019.

Disebutkan, Dokter Tifa tidak selesai dengan mengikuti program matrikulasi filsafat lantaran tidak mengerjakan tugas-tugas yang menjadi syarat kelulusan.

BACA JUGA:Dituding Beli Ijazah, Gibran Rakabuming: Beli di Shopee Dapat Cashback dan Free Ongkir

BACA JUGA:UGM Pastikan Ijazah Jokowi Asli, Lulus Fakultas Kehutanan Tahun 1985

UGM benarkan ijazah Jokowi

Rektor UGM Ova Emilia, menyampaikan jika Jokowi merupakan alumni Universitasnya, Selain itu Ova menyebut jika Jokowi memiliki ijazah asli yang terdokumentasi dengan baik.

Selain itu, Jokowi merupakan lulusan faklutas kehutanan Universitas Gadjah Mada

"Atas data dan informasi yang kami miliki dan terdokumentasi dengan baik, kami meyakini keaslian ijazah sarjana S-1 Isinyur Jokowi Widodo," ucap Ova Emilia pada jumpar pers, pada Selasa, 11 Oktober 2022.

"Dan yang bersangkutan benar-benar lulusan Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada," tambahnya.

BACA JUGA:Tepis Kabar Ijazah Jokowi Palsu, Rektor UGM: Bapak Lulus Tahun 1985

BACA JUGA:Soal Ijazah Palsu Jokowi yang Kembali Mencuat, UGM Beri Pernyataan Tegas

Ova kembali menegaskan jika Jokowi merupakan alumni angkatan tahun 1980 UGM. Selain itu orang nomor satu Indonesia merupakan lulusan pada tahun 1985 di Fakultas Kehutanan.

"Bapak Insinyur Joko Widodo adalah alumni Prodi S1 di Fakultas kehutanan Universitas Gadjah Mada angkatan tahun 1980 . Yang kedua bapak Insinyur Joko Widodo dinyatakan lulus dari UGM tahun 1985 sesuai dengan ketentuan dan bukti kelulusan berdasarkan dokumen yang kami miliki," paparnya.

Sebelumnya, Jokowi diketahui merupakan lulusan Fakultas Kehutanan UGM. Ia menyelesaikan pendidikan sarjananya pada 1985 lalu.

Adapun isu dugaan ijazah palsu ini bermula dari upaya Bambang Tri Mulyono, penulis buku Jokowi Under Cover yang melayangkan gugatan kepada Jokowi atas dugaan ijazah palsu di Pilpres 2019 pada 3 Oktober 2022 lalu.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: