Jakarta

Revitalisasi Halte Bundaran HI Dikritik Banyak Pihak, TransJakarta Buka Suara

fin.co.id - 12/10/2022, 07:00 WIB

Wajah baru halte bundaran HI

JAKARTA, FIN.CO.ID-  Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta, PT TransJakarta ikut angkat bicara terkait banyaknya kritikan terhadap revitalisasi Halte Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Revitalisasi Halte Bundara HI dinilai menghalangi patung ikonik Kota Jakarta, yakni tugu selama datang. 

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan TransJakarta Anang Rizkani mengatakan, Keluarga Gubernur Ke-5 DKI Hendrik Hermanus Joel Ngantung atau Henk Ngantung sebagai perancang tugu selamat datang, mengapresiasi revitalisasi itu. 

Anang menuturkan Keluarga Henk Ngantung sempat mengunjungi proyek revitalisasi Halte Bundaran HI saat Gubernur Anies Baswedan inspeksi ke lokasi itu pada Jumat 7 Oktober  lalu.

BACA JUGA: Ditudingan Komersialkan Tugu Selamat Datang, TransJakarta Beri jawaban

BACA JUGA:Dua Kali Tap, Saldo Penumpang TransJakarta Dipotong Dua Kali, Wagub DKI Beri Penjelasan Seperti Ini

"Jadi kan kita itu meminta izin karena di sini (dekat Halte Bundaran HI) kan ada patung Selamat Datang lalu mereka senang karena sebagai Keluarga Henk Ngantung jadi pihak yang kemudian kita mintakan informasi," kata Anang lewat keterangannya, diktutip Rabu 11 Oktober 2022.

Anang membantah kedatangan keluarga Henk Ngantung saat Anies Baswedan inspeksi itu sebagai strategi terkait polemik pembangunan Halte TransJakarta Bundaran HI yang mendapat berbagai kritikan. 

"Jadi itu bukan soal strategi, bukan soal apa, tapi mereka juga ingin melihat patung ini ternyata juga bisa dilihat dari sisi-sisi yang lain, lalu tanggapan dari keluarga sendiri senang dan sangat mendukung serta sangat mengapresiasi," ucapnya.

Sebelumnya, Direktur Operasional PT TransJakarta M Indrayana menyebut keberadaan fasilitas "sky deck" di Halte Bundaran HI memberikan opsi lain dalam menikmati pemandangan Bundaran HI dan Tugu Selamat Datang, meskipun halte itu menghalangi pandangan ke tugu ikonik tersebut.

BACA JUGA: Alhamdulillah Tarif Transjakarta, LRT dan MRT Gak Jadi Naik, DPRD DKI: Kasihan Rakyat Lagi Susah

BACA JUGA:Gara-gara Kenaikan Harga BBM, Bus Transjakarta Beroperasi Nonstop

"Pandangan kita ke Tugu Selamat Datang memang terganggu seandainya kita berada di median jalan, tapi sebagai gantinya kita bisa memberikan suatu area yang baru yang jauh lebih baik yang juga bisa dinikmati oleh masyarakat banyak, di mana di wilayah ini juga sudah banyak gedung bertingkat yang berusaha ingin menikmati Tugu Selamat Datang," tutur Indrayana dalam keterangan suara di Jakarta, Selasa 11 Oktober 2022.

Manajemen TransJakarta menampik mengkomersialisasikan Tugu Selamat Datang lewat Halte Bundaran Hotel Indonesia (HI) yang kini sedang direvitalisasi.

Meski, Direktur Operasional PT TransJakarta M Indrayana mengakui untuk menikmati benda cagar budaya tersebut lewat fasilitas sky deck yang terletak di lantai dua halte tersebut harus menumpang TransJakarta.

Admin
Penulis