Bea Cukai Wujudkan Implementasi Penataan NLE di Tiga Daerah

Bea Cukai Wujudkan Implementasi Penataan NLE di Tiga Daerah

--

"Kami telah mengadakan rapat bersama di Pelabuhan Kijing tanggal 6 Oktober 2022 lalu untuk membahas upaya kerja sama optimalisasi pengembangan Pelabuhan Kijing agar menjadi percontohan implementasi NLE. Pelabuhan Kijing merupakan pelabuhan baru yang pembangunannya bertujuan untuk menggantikan Pelabuhan Pontianak (Dwikora) mengingat draft kapal yang tidak memadai dan lalu lintas Kota Pontianak yang padat. Implementasi NLE menjadi lebih mudah dibandingkan dengan pelabuhan yang telah beroperasi yang memerlukan penyesuaian," jelas Hatta.

Dalam rapat yang turut dihadiri Direktur Jenderal Bea Cukai, Askolani tersebut disampaikan pula bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia meningkat dikarenakan ekspor dan impor tumbuh dengan pesat.

"Dirjen mengatakan hal tersebut juga dikarenakan Bea Cukai memiliki andil dalam pelayanan kepabeanan dan konsistensi Bea Cukai terhadap pengawasan yang menghasilkan tangkapan dan tegahan secara signifikan, termasuk dengan adanya Pelabuhan Kijing. Untuk itu, Bea Cukai, khususnya Bea Cukai Pontianak harus bisa mewujudkan Kalimantan sebagai titik ekonomi baru," tambah Hatta.

BACA JUGA:Bea Cukai Kenalkan Perannya ke Pelajar di Batam dan Bengkulu

Bentuk kerja sama lainnya dalam implementasi NLE juga ditunjukkan Bea Cukai Tanjung Emas dengan menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dan SOP dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Tanjung Emas, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Semarang, dan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang.

“Hal tersebut merupakan langkah dan komitmen bersama untuk terus menyediakan pelayanan prima yang bebas dari korupsi, transparan serta efisien. Salah satunya dengan melakukan kolaborasi dalam menyediakan platform logistik yang mampu memberikan kemudahan kepada pengguna jasa melalui integrasi sistem sehingga dapat memangkas proses birokrasi dan biaya,” kata Hatta.

Ia pun menegaskan Bea Cukai berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan di berbagai lini melalui evaluasi dan inovasi untuk mensukseskan progam NLE dalam rangka mewujudkan pelayanan logistik lebih efektif efisien dari segi waktu dan biaya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: