Diresmikan Jokowi Hari Ini, Berikut Profil Jalan Tol Cibitung-Cilincing

Diresmikan Jokowi Hari Ini, Berikut Profil Jalan Tol Cibitung-Cilincing

Gerbang Tol Gabus, Ruas Jalan Tol Cibitung-Cilincing (dok. Ist)--

BEKASI, FIN.CO.ID -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan meresmikan pengoperasian Ruas Jalan Tol Baru Cibitung-Cilincing Seksi 2 dan 3 pada hari ini, Selasa 20 September 2022. 

Menurut informasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), titik peresmian Ruas Tol Cibitung-Cilincing hari ini adalah di wilayah Desa Srijaya, Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, yang rencananya akan diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi sekira pukul 09.00 WIB. 

(BACA JUGA:PUPR Pastikan Kecelakaan Beruntun di Ruas Tol Pejagan - Pemalang Tak Berkaitan Dengan Transisi Kepemilikan Tol)

(BACA JUGA:Pernyataan Resmi Kementerian PUPR Atas Kecelakaan Beruntun di Tol Pejagan-Pemalang yang Tewaskan Anak Jamintel)

Adapun Ruas Jalan Tol Cibitung-Cilincing yang diresmikan hari ini yaitu Seksi 2 ruas Telaga Asih – Muara Bakti (10,3 km) dan Seksi 3 ruas Muara Bakti – Kanal Banjir Timur (14,35 km) yang merupakan bagian dari Jaringan Tol JORR 2. 

Sebelumnya pada awal April lalu Seksi 2 dan 3 Jalan Tol Cibitung - Cilincing juga telah dilaksanakan Uji Laik Fungsi (ULF) pada tanggal 6-8 April 2022. 

Kegiatan ULF dilaksanakan sebelum Jalan Tol siap untuk dioperasikan dalam rangka memastikan semua spesifikasi teknis persyaratan dan perlengkapan jalan yang ada di ruas Jalan Tol sesuai dengan standar manajemen dan keselamatan lalu lintas terpenuhi dengan baik.

Jalan Tol Cibitung - Cilincing yang melintas pada wilayah Kabupaten Bekasi di Jawa Barat dan Provinsi DKI Jakarta terbagi menjadi 4 seksi dengan total panjang keseluruhan mencapai 34,77 Km. 

(BACA JUGA:Kementerian PUPR Targetkan 283,15 Km Ruas Jalan Tol Baru Operasional Tahun 2022)

(BACA JUGA:Kementerian PUPR Bakal Bangun Jalan Tol di IKN, Dari Bandara ke Ibu Kota Cuma 30 Menit)

Pada tahun 2021 lalu Jalan Tol Cibitung - Cilincing Seksi 1 ruas SS Cibitung – Telaga Asih sepanjang 2,6 Km sudah resmi dioperasikan. 

Saat ini, Seksi Seksi 2 ruas Telaga Asih – Muara Bakti (10,3 km) progresnya mencapai 100 persen persen, dan Seksi 3 ruas Muara Bakti – Kanal Banjir Timur (14,35 km) progresnya mencapai 100. persen. 

Kemudian untuk Seksi 4 ruas Tarumajaya - Cilincing (7,52 km) progresnya mencapai diatas 80 persen dan ditargetkan selesai konstruksinya pada akhir tahun 2022 mendatang.

Jalan Tol Cibitung – Cilincing akan menghubungkan konektivitas kawasan industri di Cikarang dengan Pelabuhan Tanjung Priok. Selain itu juga memberikan dukungan kelancaran mobilitas, pergerakan komuter, dan logistik, khususnya menuju kawasan industri Cibitung dan Cilincing.

Sumber: