Gelar Pubex LIVE, Jasa Marga Paparkan Peningkatan Kinerja Positif Perseroan di Tahun 2022

Gelar Pubex LIVE, Jasa Marga Paparkan Peningkatan Kinerja Positif Perseroan di Tahun 2022

Ilustrasi - PT Jasa Marga (Persero) Tbk-Istimewa-

JAKARTA, FIN.CO.ID -- PT Jasa Marga (Persero) Tbk (Perseroan) berhasil mencatatkan kinerja yang positif dan signifikan pada kuartal pertama tahun 2022, di tengah kondisi ekonomi Indonesia yang terus bangkit dan beranjak pulih dari pandemi. 

Jasa Marga berhasil mencatatkan Laba Bersih sebesar Rp 392,8 miliar, naik 142,7 persen atau Rp 231,0 miliar dibandingkan dengan Kuartal I Tahun 2021.

(BACA JUGA:Pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Seksi 1 Dimulai, Jasa Marga Targetkan Rampung Kuartal I-2024)

(BACA JUGA:Jokowi Segera Meresmikan Dua Ruas Tol Baru di Jabodetabek)

Dalam Public Expose LIVE 2022 yang diselenggarakan oleh PT Bursa Efek Indonesia pada Rabu 14 September 2022, Investor Relations Department Head Jasa Marga Milka Theodora menjelaskan, saat ini yang disampaikan oleh Perseroan merupakan kinerja hingga Kuartal I Tahun 2022 dan proyeksi/outlook dari kinerja Semester I Tahun 2022 yang masih dalam proses audit. 

Kinerja positif Perseroan khususnya pada peningkatan Pendapatan Usaha dan EBITDA, disebabkan oleh bertambahnya jumlah jalan tol operasi yang dikelola oleh Jasa Marga. 


Public Expose Live PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Rabu 14 September 2022. (dok. Jasa Marga)--

Hal ini juga diproyeksikan Perseroan dalam prediksi kinerja Semester 1 Tahun 2022, yang menargetkan Pendapatan Usaha meningkat 18 persen dan EBITDA meningkat 21 persen dibandingkan pada periode yang sama tahun 2021.

“Selain mobilitas masyarakat yang meningkat di tengah pemulihan pandemi, penambahan panjang jalan tol operasi untuk Jalan Tol Bogor Ring Road Seksi 3A, Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang, Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran serta beroperasi penuhnya Jalan Tol Balikpapan-Samarinda dan Jalan Tol Manado-Bitung, juga memberikan dampak yang besar pada peningkatan pendapatan usaha perseroan,” ujar Milka dalam keterangannya, Rabu 14 September 2022. 

(BACA JUGA:Penataan Jalan Tol Bali Mandara Tuntas, Jasa Marga Siap Sambut Presidensi G20)

(BACA JUGA:Jasa Marga Raih IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2022 Untuk Inovasi Green Toll Road)

Milka menambahkan, Jasa Marga masih dapat mempertahankan market share jalan tol beroperasi di seluruh Indonesia pada posisi 51 persen, dengan berhasil menambah pengoperasian sepanjang 13,40 Km untuk Jalan Tol Manado-Bitung seksi Danowudu-Bitung dan penambahan konsesi jalan tol sepanjang 206,65 Km untuk Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap di sepanjang tahun 2022. 

Dengan bertambahnya panjang jalan tol operasi dan konsesi jalan tol tersebut, hingga saat ini Jasa Marga tercatat mengoperasikan total 1.260 Km jalan tol di Indonesia, dari total konsesi jalan tol yang dimiliki Perseroan sepanjang 1.809 Km.


Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Subakti Syukur menandatangani AJB saham ruas tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran dari PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau WIKA-Istimewa-

Sumber: