Kementerian PUPR Bakal Bangun Jalan Tol di IKN, Dari Bandara ke Ibu Kota Cuma 30 Menit

Kementerian PUPR Bakal Bangun Jalan Tol di IKN, Dari Bandara ke Ibu Kota Cuma 30 Menit

Ilustrasi - Jalan Tol-Birkompu-

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana membangun jalan tol yang akan menghubungkan Bandara dengan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. 

Dengan adanya jalan tol itu, nantinya jarak antara Bandara dengan pusat Ibu Kota bisa dipersingkat, dengan target perjalanan selama 30 menit. 

Diketahui, ada dua bandara besar dan satu bandara kecil yang mendukung IKN, yaitu Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan dan Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto Samarinda. 

(BACA JUGA:Gelar Pubex LIVE, Jasa Marga Paparkan Peningkatan Kinerja Positif Perseroan di Tahun 2022)

(BACA JUGA:Progres Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Sudah 88 Persen, Akhir November 2022 Beroperasi Sebagian)

Hal itu sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi), untuk mempermudah akses ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) di IKN Nusantara. 

Rencana pembangunan jalan tol di IKN itu disampaikan Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi V DPR, Rabu 14 September 2022. 

Hedy mengatakan, target mempersingkat waktu tempuh menjadi 30 menit itu merupakan tantangan yang akan dihadapi, dalam penyediaan infrastruktur IKN Nusantara. 

"Ini yang berat, kita usaha coba cari jalurnya yang paling memungkinkan adalah sepanjang 47 km, jadi itu dari bandara kita akan membuat jalur tol khusus ke sekitar Manggar ke arah seksi 5-nya Balikpapan-Samarinda," ungkap Hedy. 

(BACA JUGA:Garap Proyek Rusun dan Jalan Tol di IKN, WIKA Kantongi Nilai Kontrak Rp 1,1 Triliun)

(BACA JUGA:Waskita Dapat Kontrak Garap Kawasan Pertambangan Amman Mineral di NTB Senilai Rp 262 Miliar)

Menurut Hedy, nantinya jalur itu akan terhubung dengan rute Simpang Tempadung melewati Kariangau yang akan menuju ke utara. 

Nantinya, di sisi utara akan dibangun terowongan yang akan menyeberangi selat untuk langsung masuk Kawasan IKN Nusantara. 

Selain jalan tol, ada juga rencana untuk membangun bandara VVIP. "Ada juga rencana bandara VVIP, nanti akan kita connect-kan dengan sumbu kebangsaan dengan jalur tol dan nanti dari bandara VVIP akan kita connect-kan dengan Balikpapan dan menggunakan jalan tol menggunakan Jembatan Pulau Balang," ungkapnya. 

Sumber: