Progres Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Sudah 88 Persen, Akhir November 2022 Beroperasi Sebagian

Progres Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Sudah 88 Persen, Akhir November 2022 Beroperasi Sebagian

Kereta Cepat.--(dok. KCIC)

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Progres pembangunan Kereta Cepat Jakarta - Bandung saat ini dilaporkan sudah mencapai 88 persen secara keseluruhan. 

Hal itu diungkapkan oleh  Direktur Utama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) Agung Budi Waskito, dalam agenda public expose virtual hari ini, Selasa 12 September 2022. 

(BACA JUGA:Garap Proyek Rusun dan Jalan Tol di IKN, WIKA Kantongi Nilai Kontrak Rp 1,1 Triliun)

(BACA JUGA:Investor Harap-harap Cemas Menanti Data Inflasi Amerika, Harga Emas Bergerak Mendatar)

Agung menjelaskan bahwa pembangunan kereta cepat Jakarta - Bandung akan dipercepat penyelesaiannya, sehingga pada pertengahan 2023 mendatang sudah bisa dioperasikan secara komersial.

"Pekerjaan sisa yang dikerjakan Wika saat ini tinggal stasiun Cawang dan Halim (Halim Perdana Kusuma) progresnya sudah 75 persen dan akan selesai pada Mei - Juni tahun depan," ungkap Agung. 

(BACA JUGA:Menkeu Wanti-wanti BI Berhati-hati Melakukan Pengetatan Moneter, Jangan Sampai Bikin Perekonomian Jadi Ambyar)

(BACA JUGA:Pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Seksi 1 Dimulai, Jasa Marga Targetkan Rampung Kuartal I-2024)

Dijelaskan Agung, untuk mendukung agenda Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, WIKA berencana akan mengoperasikan sebagian rute dari kereta cepat tersebut. Hal itu untuk mempermudah akses transportasi dari para delegasi ataupun peserta G20.

"Dalam rangka G20 kemungkinan tahap I akan kita trial dari Tegalluar Bandung menuju Padalarang di akhir November 2022 ini," tukasnya. 

Sumber: