Enam Bajak Laut di Perairan Jambi Ditangkap, Masing-masing Perompak Punya Peran Berbeda

Enam Bajak Laut di Perairan Jambi Ditangkap, Masing-masing Perompak Punya Peran Berbeda

Ilustrasi 'Kapal Hantu' yang digunakan untuk menyelundupkan lobster. --

JAKARTA, FIN.CO.ID - Enam perompak atau bajak laut yang meresahkan nelayan di perairan Kuala Lambur Luar, Kecamatan Muaro Sabak, Tanjung Jabung (Tanjab) Timur, Jambi berhasil ditangkap.

Direktur Ditpolairud Polda Jambi Kombes Pol Michael Mumbunan mengatakan,enam bajak laut tersebut ditangkap pada Jumat (9/9). 

(BACA JUGA:Komnas HAM Temui Tiga Pelaku Mutilasi Warga Papua, Pangdam Cenderawasih: Kami Kasih Kesempatan)

Mereka ditangkap di kediamannya masing-masing di Tanjung Jabung Timur.

"Kami berhasil mengungkap ini berkat kerja sama dengan Polres Tanjab Timur," ujar Michael, di Markas Satpolairud Polda Jambi, Selasa 13 September 2022.

Kapolres Tanjab Timur AKBP Andi M Ichsan menyatakan enam bajak laut ini memiliki dua peran yang berbeda saat melakukan aksinya merompak korban.

"Lima orang yang merompak kapal korban, sedangkan satu orang lainnya menjadi penampung hasil barang curian," katanya lagi.

(BACA JUGA:Demo Kenaikan BBM: Assalammu'alaikum STM Datang Bawa Pasukan)

Adapun identitas enam orang bajak laut yang merompak kapal, yakni RN, SA, MY, HH, BT dan JD.

Dia menjelaskan, waktu kejadian perompakan nelayan oleh para pelaku terjadi pada Selasa (23/9) sekitar pukul 03.30 WIB, di perairan Depan Kuala Lambur Luar dengan korban nama TH, RO, J, HH dan S yang kesemuanya warga Nipah Panjang, Tanjab Timur.

Atas kejadian tersebut, selanjutnya Dirpolairud bersama Polres Tanjab Timur membentuk tim untuk mengungkap kasus perompakan yang berawal dari informasi HC selaku penampung ikan, telah membeli ikan dari seorang yang bernama RN selaku penadah ikan yang diduga hasil perompakan.

"Dari hasil penyelidikan tim pada hari Jumat, 9 September 2022 pukul 16.00 WIB, tim langsung bergerak dan berhasil mengamankan terduga pelaku perompakan berinisial SA selaku residivis bersama rekan-rekannya MY, HH, BT, JD dan RN selaku penadah," katanya menjelaskan.

(BACA JUGA:Survei Voxpopuli, Elektabilitas Anies Meroket Diikuti Puan Maharani dan Prabowo )

Dia menerangkan, pelaku SA merupakan ketua bajak laut yang merekrut anggotanya di Kuala Jambi, Kabupaten Tanjab Timur.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: