Yang Harus Dilakukan jika Telinga Kemasukan Serangga?

Yang Harus Dilakukan jika Telinga Kemasukan Serangga?

Ilustrasi Telinga Kemasukan Serangga, Image oleh Nika Akin dari Pixabay --

JAKARTA, FIN.CO.ID - Bicara masalah pada telinga, salah satu yang kerap dikeluhkan orang adalah lubang telinga yang kemasukan serangga.

Dan yang kerap ditanya orang adalah terkait apa yang harus dilakukan ketika lubang telinga kemasukan serangga.

Perlukah Anda mengeluarkan sendiri dengan obat tetes telinga, mengoreknya atau membiarkannya hingga keluar sendiri?

(BACA JUGA:Telinga Mendengung hingga Tuli Mendadak Itu Bisa Jadi Ciri Stroke)

Menurut dr. Talitha Najmillah Sabtiari, ketika lubang telinga kemasukan serangga, apapun ukurannya, bisa menyebabkan keluhan tersendiri.

“Serangga tersebut dapat mati di dalam telinga maupun masih hidup dan mencoba untuk keluar, namun hal tersebut tetap dapat memicu terjadinya iritasi maupun infeksi pada telinga,” katanya.

“Keluhan yang dapat dialami dapat berupa telinga berdengung, nyeri telinga, bengkak, keluarnya cairan, telinga, dan sebagainya,” jelas dr. Talitha seperti dikutip FIN dari Alodokter.

Terkait dengan apa yang seharusnya dilakukan, dr. Talitha menganjurkan orang untuk tidak mencoba mengelurkannya sendirian.

Dan bahwa sulit untuk mengetahui apakah serangga tersebut masih berada di dalam atau sudah keluar, tanpa menggunakan alat bantu medis.

“Sulit untuk menentukan secara pasti apakah serangga masih berada di dalam telinga atau tidak, tanpa pemeriksaan fisik lebih lanjut. Oleh karena itu, sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter untuk dapat dievaluasi sebelum muncul gejala akibat serangga tersebut,” tutupnya.

Cairan Kuning di Dalam Telinga

Pada mereka yang gemar membersihkan telinga dengan cotton buds, berpotensi mengalami kekurangan ear wax, atau pada kasus tertentu memang memiliki jenis bagian dalam telinga yang kering.  

Bahayanya, adalah potensi disusupi serangga kecil, seperti yang terjadi pada seorang Redditor bernama CherryTanPanPyro berikut ini.  

Lantaran sering mengorek kupingnya, pada suatu kesempatan ia dibuat kaget oleh rasa sakit di bagian dalam telingannya. Sensasi ia gambarkan adalah seperti tertusuk benda tajam.  

Ia pun memutuskan untuk mengunjungi dokter, untuk memeriksakan kondisi telinganya, dan terkejut dibuatnya,  “(Di ruang UGD). saya shock melihat seekor laba-laba yang menatap ke arah kamera (yang dimasukan ke dalam telinganya),” kata Cherry di forum Reddit.

Tim dokter yang menangani kasusnya pun, memutuskan untuk menggunakan serum yang disuntikan langsung pada si laba-laba yang ternyata penuh dengan telur-telur calon laba-laba kecil.  

Meski sukses mengeluarkan sang laba-laba beserta isinya, Cherry dilaporkan mengalami keruakan permanen pada kanal telinganya, hanya saja ditak dijelaskan secara detil akan hal itu.  

Sejak saat itu, ia menyadari betul tentang pentingnya cairan alami yang diproduksi telinga manusia tersebut.

Sumber: