Gebrakan Kapolri di Kasus Brigadir J: Bharada E Tersangka, Periksa 25 Anggota hingga Copot Ferdy Sambo dkk

Gebrakan Kapolri di Kasus Brigadir J: Bharada E Tersangka, Periksa 25 Anggota hingga Copot Ferdy Sambo dkk

Kepala Kepolisian Negara Republik Indonsia (Kapolri) Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo.-PMJ News-

(BACA JUGA:Dewi Tanjung: Kapolri Galau, Ternyata Ferdy Sambo Dekat dengan Beliau, Tapi...)

Lima personel berpangkat kombes, tiga personel berpangkat AKBP, dua personel berpangkat kompol, tujuh personel perwira pertama (pama) serta lima orang berpangkat bintara dan tamtama.

"Semua akan kami proses berdasarkan hasil keputusan apakah ini masuk dalam pelanggaran kode etik atau pelanggaran pidana," ujar Kapolri. 

Kapolri Sigit juga mengatakan bahwa pihaknya masih mendalami apakah personel yang menghambat proses olah TKP ini diperintah oleh seseorang atau melakukannya atas inisiatif sendiri.

Hal ini mengingat 25 personel itu berasal dari satuan Propam Polri, Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Selatan, dan Bareskrim Polri.

Diketahui bahwa TKP kejadian penembakan Brigadir Yosua terjadi di rumah dinas Irjen Ferdi Sambo yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri.

Selain itu, Kapolri juga menerbitkan Telegram (TL) khusus pada Kamis malam. Dalam TL Nomor ST 1628/VIII/KEP/2022 tersebut, sebanyak 15 perwira terkena mutasi. 

Namun, tidak semua 15 perwira tersebut diduga terlibat kasus tewasnya Brigadir J. 

Selain itu, ada sebanyak 10 perwira dicopot dari jabatannya termasuk di dalamnya Irjen Ferdy Sambo. Pencopotan ini dilakukan guna  memudahkan penyidikan. 

(BACA JUGA:Link Daftar 15 Perwira yang Dimutasi Kapolri Malam Ini, 10 Personel Nonjob)

(BACA JUGA:Kapolri Sudah Tahu Identitas Anggota yang Copot Rekaman CCTV di TKP Tewasnya Brigadir J)

Dari telegram yang didapat oleh FIN.CO.ID pada Kamis, 4 Agustus 2022 malam, dari jumlah 10 orang tersebut, ada 8 personel diketahui berasal dari Divisi Propam Polri. 

Mereka di antaranya: Irjen Pol Ferdy Sambo, Brigjen Pol Hendra Kurniawan, dan Karo Provos Divisi Propam Brigjen Pol Benny Ali. 

Jabatan Kadiv Propam selanjutnya akan dijabat oleh Wakabareskrim Irjen Pol Syahardiantono

Ada juga nama Sesro Paminal Divisi Propam Polri Kombes Pol Denny Setia Nugraha Nasution yang juga dimutasi ke Yanma Polri.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: