Terkini

Pilihan


BPBD Beberkan Penyebab Banjir yang Rendam 92 RT di Jakarta, Katanya...

BPBD Beberkan Penyebab Banjir yang Rendam 92 RT di Jakarta, Katanya...

Warga berjalan di jalan yang terendam banjir di komplek perumahan IKIP di Jatikramat Kota Bekasi-Tuahta Simanjuntak untuk FIN.CO.ID-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengatakan banjir yang menggenang sedikitnya 92 RT di Jakarta disebabkan cuaca buruk sejak Jumat, 15 Juli 2022.

Kepala Pusat Data dan Informasi BPBD DKI Jakarta Muhammad Insyaf menyebut curah hujan di wilayah Jakarta meningkat sehingga menyebabkan terjadinya banjir di sejumlah titik.

(BACA JUGA:Update Banjir Jakarta: Berangsur Surut, Tersisa 83 RT yang Masih Terendam Air)

"Analisis sementara penyebab hujan kemarin dan hari ini yakni adanya penjalaran massa udara basah di sekitar Pulau Jawa karena adanya gelombang atmosfer seperti Gelombang Rossby dan Gelombang Kelvin," kata Insyaf dalam keterangannya, Sabtu, 16 Juli 2022.

Kemudian, lanjutnya, asupan massa udara basah dari Samudera Hindia karena aktifnya dipole mode index (IOD) dan kondisi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diperkirakan masih akan berlangsung sampai Minggu, 17 Juli 2022.

Insyaf menyebut pihaknya kini tengah memantau semua titik banjir itu.

(BACA JUGA:BMKG Imbau Warga Tangerang yang Tinggal di Bantaran Sungai Waspadai Banjir)

Kelurahan dan kecamatan setempat juga sudah berkoordinasi dengan Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) DKI Jakarta untuk melakukan penyedotan banjir.

"Petugas BPBD disiagakan memantau semua genangan di semua kelurahan dan mengkoordinasikan pihak Sudin SDA untuk lakukan penyedotan genangan-genangan bersama lurah dan camat," ucapnya.

Dia juga mengingatkan warga yang mengetahui atau berada dalam keadaan darurat bisa menghubungi BPBD DKI Jakarta dengan menghubungi nomor 112. 

(BACA JUGA:Update BPBD: 71 RT di Jakarta Terendam Banjir dengan Ketinggian 200 CM, Ini Daftarnya)

Nanti akan dikoordinasikan dengan camat dan lurah setempat, serta dengan pihak Palang Merah Indonesia (PMI) guna memantau perkembangan genangan banjir.

"Masyarakat silakan gunakan layanan kedaruratan 112 petugas BPBD akan merespons 24 jam. BPBD juga akan berkoordinasi dengan PMI, Dinas Sosial serta jajaran wilayah untuk memonitor perkembangan," ucap Insyaf.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyebutkan, sebanyak 92 rukun tetangga (RT) di tiga wilayah kota yakni Jakarta Timur, Jakarta Selatan dan Jakarta Barat tergenang banjir Sabtu, 16 Juli 2022.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizky Agustian

Tentang Penulis

Sumber: