BMKG Imbau Warga Tangerang yang Tinggal di Bantaran Sungai Waspadai Banjir

BMKG Imbau Warga Tangerang yang Tinggal di Bantaran Sungai Waspadai Banjir

Banjir Menggenang di Wilayah Ciledug Tangerang.--

TANGERANG, FIN.CO.ID -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tangerang, Banten, memperkirakan potensi hujan di daerah itu masih bisa terjadi hingga esok hari, Minggu, 17 Juli 2022.

Demikian dikatakan oleh Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Kelas I Tangerang, Urip Setiyono, Sabtu 16 Juli 2022.

"Menurut data kami saat ini, potensi hujan masih bisa terjadi hingga tanggal 17 Juli 2022," kata Urip 

Maka dari itu dia mengimbau, masyarakat untuk tetap waspada terutama bagi mereka yang tinggal di wilayah topografi rendah atau cekung dan di sekitar daerah bantaran aliran sungai (DAS).

(BACA JUGA:Mengapa Musim Kemarau Masih Hujan Lebat? Begini Penjelasan BMKG)

"Diminta untuk seluruh masyarakat untuk tetap update terkait cuaca yang terjadi," imbuhnya.

Urip juga menjelaskan, bahwa curah hujan yang terjadi pada masa transisi atau kemarau basah saat ini masih dalam kondisi hujan sedang.

Kata dia, dari alat ukur yang tersebar di beberapa lokasi seperti Bandara Soekarno-Hatta, di Stasiun Meteorologi Curug dan di Tangerang Selatan (Tangsel), tercatat di kantor kami curah hujan terukur di angka 37,5 mm/hari.

(BACA JUGA:Waspada! BMKG Prediksi Jakarta Alami Hujan di 2 Wilayah Ini)

"Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hujan yang terjadi masih masuk dalam kategori sedang," ujarnya

Dia juga berpesan, agar masyarakat tetap menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, terlebih di aliran air.

Selain itu, masyarakat juga bisa berpartisipasi dengan tetap menjaga lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan terutama limbah plastik. 

(BACA JUGA:Waspada! BMKG: Gelombang Laut Capai 4 Meter)

"Karena dapat menyumbat aliran air dan mengakibatkan genangan hingga banjir," ucapnyaSementara, berikut perkiraan cuaca di wilayah Kota Tangerang dilansir dari situs website resmi BMKG Provinsi Banten 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: