Bank Dunia Beri Penilaian Positif Terhadap Ekonomi Indonesia, Pengamat: Menarik, RI Bisa Survive Saat Krisis

Bank Dunia Beri Penilaian Positif Terhadap Ekonomi Indonesia, Pengamat: Menarik, RI Bisa Survive Saat Krisis

Ilustrasi Ekspor Impor-Istimewa-

Rizal Magnadi juga menyoroti peningkatan ekonomi Indonesia mencapai 5,1 persen dikuartal pertama 2022. Capaian ini, kata Rizal Magnadi tak lepas dari jaringan perdagangan internasional Indonesia yang cukup baik dan lancar, karena salah satu faktor bertumbuhnya ekonomi satu negara ada pada jaringan perdagangan internasional.

“Secara internasional yang bermasalah saat ini adalah arus dari negara yang memproduksi dan negara yang mengkonsumsi, jadi yang bermasalah itu di jalan, jadi kalau dengan kuartal 5,1 persen maka Indonesia memiliki jaringan perdagangan internasional yang lumayan lancar, dan pertumbuhan ekonomi bisa dari masalah itu,” ungkapnya.

Lebih jauh Rizal Magnadi, konsumsi masyarakat Indonesia pasca pandemi Covid-19 terus meningkat, dan sejauh ini konsumsi dalam negeri cukup besar hingga mampu membuat Indonesia bebas dari krisis ekonomi.

“Bisa jadi di dalam Indonesia sendiri konsumsi masyarakat sudah mulai meningkat pasca Covid-19, sehingga Indonesia dengan jumlah penduduk terbesar ini tidak harus murni ekspor tapi mengandalkan konsumsi dalam negeri pun pertumbuhannya pasti tinggi,” jelasnya lagi. 

Jalur perdagangan internasional Indonesia, kata Rizal Magnadi masih lumayan aman dan hal ini membuat Indonesia berada di atas negara-negara ASEAN dalam menghadapi krisis ekonomi yang melanda sebagian besar negara berkembang. 

“Jadi Indonesia mampu menjangkau luar, misalkan ekspor, perdagangan internasional. Ternyata masih lancar dan ini berbeda dengan negara maju yang saat ini memiliki masalah dengan hal tersebut,” tutupnya.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: