Bank Dunia Beri Penilaian Positif Terhadap Ekonomi Indonesia, Pengamat: Menarik, RI Bisa Survive Saat Krisis

Bank Dunia Beri Penilaian Positif Terhadap Ekonomi Indonesia, Pengamat: Menarik, RI Bisa Survive Saat Krisis

Ilustrasi Ekspor Impor-Istimewa-

JAKARTA, FIN.CO.ID- Presiden Joko Widodo alias Jokowi dinilai berhasil dalam mengeluarkan kebijakan strategis, khususnya dalam menghadapi pandemi Covid-19 termasuk pemulihan ekonomi. Keberhasilan ini tak lepas dari posisi Indonesia yang menjadi negara yang bebas dari krisis ekonomi saat ini.

Hal itu tercermin dari penilaian Bank Dunia yang memberikan nilai positif atas perkembangan ekonomi Indonesia saat ini.

Di antara negara-negara yang sekarang sedang menghadapi situasi yang serba sulit, Indonesia relatif bisa menjaga stabilitas perekonomian dengan menjaga tingkat pertumbuhan ekonomi pada level sekitar 5 persen.

(BACA JUGA:Bantu Peningkatan Ekonomi, Bea Cukai Asistensi Penerima Fasilitas Kepabeanan)

Pengamat Ekonomi dari Universitas Diponegoro (UNDIP) Rizal Hari Magnadi mengatakan, masalah krisis ekonomi yang sedang dihadapi oleh beberapa negara berkembang di dunia, tetapi tidak begitu dirasakan oleh Indonesia yang ekonominya pasca pandemi Covid-19 terus membaik.

“Menarik sih, intinya kita tidak bisa bicara negara per negara tapi kita bicara tentang kasus kawasan. Kalau kita bicara kasus kawasan ekonomi, contohnya di ASEAN sendiri Indonesia itu salah satu negara yang bisa survive di beberapa krisis ekonomi atau krisis finansial keuangan,” kata Rizal Magnadi Jumat 15 Juli 2022.

(BACA JUGA:Bank Dunia Ingatkan Indonesia Waspadai Situasi Global Meski Pertumbuhan Ekonomi Tinggi)

Peneliti senior INDEF ini menuturkan, penilaian positif Bank Dunia Dunia atas perkembangan ekonomi Indonesia saat ini tak lepas dari catatan sejarah bangsa Indonesia yang selalu bertahan disaat negara lain kolaps akibat krisis, namun Indonesia masih mampu keluar dari situasi krisis tersebut. 

“Jadi saya pikir pujian Bank Dunia itu lebih pada meletakan historikal, jadi selama bertahun-tahun terbukti ditempat lain terkena dampak ekonomi, tetapi Indonesia berhasil terhindar, itu wajar dan memang Indonesia sudah terbukti jika dibandingkan dengan negara ASEAN yang lain, tidak harus dunia tapi ASEAN aja,” ucapnya.

(BACA JUGA:Presiden Bank Dunia Puji Indonesia Atasi Stunting)

Dosen Ekonomi dan Bisnis ini melanjutkan, salah satu indikator keberhasilan Pemerintah memulihkan ekonomi tidak terlepas dari cara penanganan pandemi Covid-19. 

Menurut Rizal Magnadi, penerapan aplikasi peduli lindungi berhasil menjadi rujukan Pemerintah dalam mentracking hambatan-hambatan yang bisa berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi, seperti vaksinasi maupun informasi lainnya.

“Saya mengalami langsung ya, aplikasi peduli lindungi itu salah satu yang bisa dikatakan the best, meski banyak dipertanyakan. Namun pertanyaan-pertanyaan itu pun dialami oleh negara-negara maju, dan juga negara adikuasa yang dikritik mengenai masalah data dan lainnya,” ujarnya.

“Tapi platform peduli lindungi itu nyatanya bisa mengintegrasikan beberapa hal, salah satunya perjalanan orang dan integrasi isu tentang vaksin dan seterusnya, jadi dilihat di lapangan itu nampak bahwa itu terkendali secara sistem, dan ini memudahkan Pemerintah mengeluarkan kebijakan, termasuk kebijakan pemulihan ekonomi,” jelasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: