Wapres Ma'ruf Amin Salurkan Sapi 1 Ton ke Masjid Istiqlal Jakarta, Begini Penampakannya

Wapres Ma'ruf Amin Salurkan Sapi 1 Ton ke Masjid Istiqlal Jakarta, Begini Penampakannya

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyalurkan sapi seberat 1 ton kepada Panitia Kurban Masjid Istiqlal Jakarta.-BPMI Setwapres-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyerahkan seekor sapi kurban berjenis simmental seberat satu ton kepada Panitia Kurban Masjid Istiqlal Jakarta jelang Hari Raya Iduladha 1443 H, Minggu, 10 Juli 2022.

"Sapi tersebut diperoleh dari peternakan di Bogor, Jawa Barat, untuk diserahkan kepada Panitia Kurban Masjid Istiqlal," kata Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) Purwono Prihantoro di Masjid Istiqlal Jakarta, Sabtu, 9 Juli 2022.

(BACA JUGA: Idul Adha, Wapres Ma'Aruf Amin Kirim Sapi Seberat Satu Ton untuk Masjid Istiqlal)

Penyerahan dilakukan Purwono kepada Kepala Bidang Sosial dan Pemberdayaan Umat Masjid Istiqlal Laksma TNI (Purn) Asep Saipudin.

Saat ini Ma'ruf Amin dan istrinya, Wury Ma'ruf Amin tengah menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi.

Pada Hari Raya Iduladha 10 Zulhijah 1443 Hijriah yang tahun ini jatuh pada 10 Juli 2022, Ma'ruf Amin menyerahkan hewan kurban sebanyak 18 ekor sapi dan 7 ekor kambing.

(BACA JUGA:Jangan Bingung, Begini Cara Membedakan Daging Kurban yang Diterima Sapi atau Kambing)

Berat sapi kurban tersebut berkisar antara 780 kilogram hingga satu ton dengan jenis limousine dan simmental.

Seluruh hewan kurban telah diperiksa Dinas Peternakan atau Dinas Ketahanan Pangan setempat dan dinyatakan sehat sehingga memenuhi syarat untuk menjadi hewan kurban.

Selanjutnya, hewan-hewan kurban tersebut di antaranya didistribusikan ke Masjid Istiqlal, Masjid Sunda Kelapa, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), PP Muhammadiyah, dan beberapa masjid di wilayah Jabodetabek.

(BACA JUGA:Wow! Jokowi Beli Sapi dari Semarang, Beratnya di Atas 900 KG)

Saat menyampaikan ucapan Selamat Iduladha kepada segenap umat Islam, Ma'ruf Amin mengatakan bahwa menyembelih hewan kurban merupakan pelaksanaan tuntunan agama sebagai wujud kepatuhan dan ketaatan kepada Allah SWT.

Selain itu, berkurban mengandung dampak sosial yang positif karena dagingnya dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Kurban dapat menjadi bukti kepekaan sosial bagi kita untuk berbagi dan peduli kepada sesama apalagi pascapandemi seperti sekarang ini," kata dia.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizky Agustian

Tentang Penulis

Sumber: