Jangan Bingung, Begini Cara Membedakan Daging Kurban yang Diterima Sapi atau Kambing

Jangan Bingung, Begini Cara Membedakan Daging Kurban yang Diterima Sapi atau Kambing

Ilustrasi Daging Kurban, Image oleh PDPhotos dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Saat memperoleh daging kurban Iduladha, kerap tak menjumpai label yang menjelaskan apa persisnya daging yang diterima.

Tapi, Anda dapat membedakan daging kurban yang diterima sapi atau kambing yang diterima melalui sejumlah petunjuk berikut, seperti dikemukakan Cookpad dalam siaran resmi yang diterima, dikutip dari ANTARA, Sabtu, 9 Juli 2022.

(BACA JUGA:Wow! Jokowi Beli Sapi dari Semarang, Beratnya di Atas 900 KG)

Aroma

Daging kambing mempunyai aroma yang khas dan cenderung kuat, atau yang biasa disebut prengus (memiliki aroma khas). Sementara daging sapi tidak mencolok dan tidak terlalu amis.

Tekstur dan serat

(BACA JUGA:Catat! Jokowi Sumbang Dua Sapi Kurban ke Yogyakarta, Beratnya 850 Kg dan 1,07 Ton)

Daging kambing mempunyai serat yang lebih tebal sehingga teksturnya lebih kasar dan ketika dipegang terasa lebih empuk. Sedangkan daging sapi seratnya lebih kecil dan renggang, ketika dipegang pun terasa lebih kenyal dan halus.

Lemak

Daging sapi juga mempunyai garis putih lemak yang panjang, sedangkan daging kambing tidak. Gumpalan lemak daging kambing berkumpul di bagian tertentu saja.

(BACA JUGA:Begini Tata Cara Menyembelih Hewan Kurban Sesuai Syariat Islam )

Warna

Jika diperhatikan lebih seksama, kedua daging ini mempunyai warna yang berbeda. Daging sapi mempunyai warna pucat dan akan berubah menjadi coklat gelap saat terpapar udara. Sedangkan daging kambing warnanya merah cerah dan akan berubah agak ungu ketika terkena suhu ruangan.

Tentunya, saat dimasak rasa kedua daging juga berbeda. Daging kambing mempunyai rasa lebih gurih daripada daging sapi. Rasa gurih daging kambing dipengaruhi oleh aromanya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizky Agustian

Tentang Penulis

Sumber: