Dari Rapat Koordinasi Hingga Temu Bisnis, Ini Bentuk Kemitraan Bea Cukai dan Pemda untuk Sukseskan Ekspor UMKM

Dari Rapat Koordinasi Hingga Temu Bisnis, Ini Bentuk Kemitraan Bea Cukai dan Pemda untuk Sukseskan Ekspor UMKM

--

Hal ini mendorong adanya gagasan untuk membentuk forum diskusi secara online/offline yang ditujukan untuk memberikan pelatihan kepada pelaku usaha UMKM yang ingin melakukan ekspor.

Selain pelaksanaan rapat koordinasi, kemitraan Bea Cukai dan pemda juga diwujudkan dalam kegiatan temu bisnis, seperti yang dilaksanakan Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara (Sulbagut) dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Manado.

"Kanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara yang diwakili oleh Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai, M. Anshar, menghadiri Kegiatan Pengembangan Promosi Produk IKM/UMKM untuk Menjalin Kemitraan - Temu Bisnis IKM Bermitra dengan pelaku usaha besar yang diadakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Manado. Dalam kegiatan ini, Bea Cukai memberikan pelatihan relugasi ekspor serta berusaha mengurai kendala-kendala yang dihadapi oleh para eksportir. Hal ini sejalan dengan tugas Bea Cukai, yakni industrial assistance," ujarnya.

(BACA JUGA:Bea Cukai Paparkan Aturan Penyampaian Manifes dan Pelayanan Keberatan dan Banding)

Hatta pun berharap melalui kemitraaan Bea Cukai dan pemda, para pelaku UMKM di berbagai daerah akan teredukasi dan terasistensi dengan baik dalam melaksanakan ekspor, "Semoga para pelaku UMKM mampu bersaing secara internasional dan memanfaatkan beragam fasilitas dan pelayanan yang telah diberikan pemerintah. Bea Cukai berkomitmen untuk mewujudkan UMKM yang mampu bersaing dan tangguh untuk bersinar di pasar internasional."

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: