Bukan Bea Cukai, Sosok Ini yang Buka Paket Mainan Megatron Milik Youtuber Medy Renaldy

Bukan Bea Cukai, Sosok Ini yang Buka Paket Mainan Megatron Milik Youtuber Medy Renaldy

Tampang pihak yang membuka mainan Megatron Milik Youtuber Medy Renaldy-@prastow-x

FIN.CO.ID -  Terungkap sosok yang membuka atau unboxing mainan Megatron milik selebgram dan Youtuber Medy Renaldy bukan dari Bea Cukai.

Sosok uang membuka mainan Megatron tersebut adalah pekerja dari DHL selaku perusahaan jasa titipan (PJT).

Hal ini diketahui melalui rekaman cctv yang diunggah dari akun X Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo.

Dalam video tersebut menampilkan seorang pria yang merupakan petugas DHL sedang membuka paket berisi mainan Megatron.

BACA JUGA:

"Izin menyampaikan klarifikasi. Atas seizin DHL, kami unggah video rekaman cctv unboxing robot Megatron milik Mas @medyrenaldy_. Hal ini kami sampaikan sbg bentuk transparansi dan akuntabilitas," tulis Yustinus pada Rabu 8 Mei 2024.

"Tampak jelas dlm video ini, yang melakukan unboxing sampai menyegel kembali barang kiriman adalah petugas DHL. Itu pun dilakukan dengan hati2. Petugas BC (yang duduk di depan komputer) hanya mengamati jenis dan dimensi barang utk keperluan mencari referensi harga," tuturnya. 

Dengan adanya bukti rekamnan ini, Yustinus menegaskan bahwa tuduhan petugas bea cukai yang membongkar mainan barang tidak benar.

Kami mengucapkan terima kasih untuk perhatian, saran, masukan yang diberikan. Mohon maaf pula atas kekurangan dalam memberikan pelayanan," ujarnya. 

"Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan. Dukungan Anda semua akan sangat berarti," tandasnya. 

BACA JUGA:

Di samping itu, ia juga memastikan Medy sebagai pemilik barang telah diundang oleh DHL untuk menyaksikan video yang sama, dengan tim Bea Cukai turut hadir menjadi saksi.

Dalam kesempatan terpisah, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan menyatakan pemeriksaan fisik barang kiriman bukan wewenang Bea Cukai, melainkan wewenang perusahaan jasa titipan (PJT).

“Membuka dan menutup kembali barang kiriman itu adalah wewenang PJT,” kata Direktur Jenderal Bea dan Cukai Askolani, di DHL Express Distribution Center, Tangerang, Banten, Senin (29/4).

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: