Tol Cibitung-Cilincing Mulus dan Tak Bergelombang, Meski Dibangun Diatas Rawa dan Bekas Sawah

Rabu 21-09-2022,14:02 WIB
Reporter : Sigit Nugroho
Editor : Sigit Nugroho

BEKASI, FIN.CO.ID -- Ruas Tol Cibitung-Cilincing Seksi 2 dan 3 telah diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa 20 September 2022 kemarin. 

Mulai hari ini, 21 September 2022 pukul 00.00 WIB, ruas tol yang merupakan bagian dari jaringan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 itu telah beroperasi tanpa dikenakan biaya, hingga surat keputusan penetapan tarif Tol tersebut dikeluarkan oleh Kementerian PUPR. 

(BACA JUGA:Tinjau Tol Japek II Selatan, Menteri Basuki Targetkan Segmen Sadang - Kutanagara Rampung Desember 2022)

(BACA JUGA:Tol Serpong-Balaraja Seksi 1A Diresmikan, PJ Gubernur: Dapat Membangkitkan Minat Investasi di Banten)

Ruas Tol Cibitung-Cilincing adalah salah satu ruas tol baru dengan panjang 34,77 kilometer yang masuk dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN). Dari 4 seksi pembangunan tol itu, tinggal satu seksi atau seksi 4 yang belum rampung.

Adapun pembangunan jalan tol ini digarap oleh PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways dengan kontraktor PT Waskita Karya dan konsultan supervisi PT Virama Karya SMEC Denka. Tol Cibitung-Cilincing memakan total nilai investasi sekitar Rp 12,91 triliun.

Nantinya, ruas tol Cibitung - Cilincing akan melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Jabodetabek, yang telah memiliki jaringan tol lingkar dalam kota dan lingkar luar (Jakarta Outer Ring Road/JORR) I yang sudah operasional dan JORR-2 yang tengah dalam proses konstruksi.

Jaringan jalan Tol JORR 2 sepanjang 109,57 km melingkar dari Bandara Soekarno Hatta, Cinere, Cimanggis hingga Pelabuhan Tanjung Priok terdiri atas 6 ruas. Adapun sebanyak 3 ruas telah rampung yakni Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran (14,19 km), Kunciran-Serpong (11,19 km), dan Serpong – Cinere Seksi 1 (Serpong IC – Pamulang IC).

(BACA JUGA:Tol Cibitung-Cilincing Jadi yang Pertama Punya Hub Logistik Seluas 40 Hektar, Fungsinya Untuk Ini)

(BACA JUGA:Target Jokowi Dari Pengoperasian Tol Cibitung-Cilincing dan Serpong-Balaraja Seksi 1)

FIN.CO.ID pun berkesempatan untuk menjajal ruas tol Cibitung-Cilincing yang baru saja diresmikan, dengan menggunakan kendaraan roda 4, dimana perjalanan dimulai dari Gerbang Tol Tarumajaya, menuju Gerbang Tol Gabus, yang berada di Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi. 

Perjalanan dari Gerbang Tol Tarumajaya hingga Gerbang Tol Gabus itu saat ini belum dikenakan tarif, namun untuk masuk ke ruas tol tersebut, pengguna jalan tetap harus menggunakan uang elektronik seperti biasa. Namun karena pengoperasiannya masih belum dikenakan tarif, maka saldo uang elektronik yang terdapat didalamnya tidak akan berkurang. 

Dari pengamatan penulis, sepanjang jalan di ruas tol Cibitung-Cilincing, khususnya dari GT Tarumajaya hingga GT Gabus, kondisi jalan terlihat menggunakan aspal, bukan hanya cor-coran beton biasa. Hal ini tentu sangat mempengaruhi tingkat kenyamanan berkendara. 

Posisi sambungan dari tiap girder juga terasa sangat halus, bahkan hampir tidak terasa bahwa kita melewati sambungan girder. 

 
        Lihat postingan ini di Instagram  
 
                  Sebuah kiriman dibagikan oleh SCBC OFFICIAL (@scbcdihati)

Tags : #tol cibitung-cilincing #pt waskita karya #pt virama karya smec denka #pt cibitung tanjung priok port tollways #profil ruas tol cibitung-cilincing #pengalaman berkendara #jorr 2 #jaringan jalan tol jorr 2
Kategori :

Terkait

Terkini

Kamis 09-05-2024,06:00 WIB

Seragam Baru