Target Jokowi Dari Pengoperasian Tol Cibitung-Cilincing dan Serpong-Balaraja Seksi 1

Target Jokowi Dari Pengoperasian Tol Cibitung-Cilincing dan Serpong-Balaraja Seksi 1

Presiden Jokowi meresmikan Ruas Jalan Tol Cibitung-Cilincing dan Serpong-Balaraja Seksi 1, di Gerbang Tol Gabus, Kecamatan Tambun Utara, Kabuoaten Bekasi, Selasa 20 September 2022 (dok Setpres)--

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Hari ini, Senin 20 September 2022 Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara bersamaan meresmikan dua ruas tol baru, yang menghubungkan kawasan satelit dengan ibukota. 

Dua ruas tol itu adalah Tol Cibitung-Cilincing Seksi 2 dan 3, serta Tol Serpong-Balaraja Seksi 1. 

(BACA JUGA:Diresmikan Jokowi Hari Ini, Berikut Profil Jalan Tol Cibitung-Cilincing)

(BACA JUGA:Jokowi Resmikan Jalan Tol Cibitung-Cilincing, Erick Thohir: Insyallah Memudahkan Mobilitas)

Prosesi peresmiannya sendiri dilakukan di Gerbang Tol Gabus, Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi. 

Dalam sambutannya, Jokowi menekankan tentang pentingnya konektivitas antar wilayah, khususnya untuk dukungan pendistribusian logistik. 

Jokowi menyampaikan, dengan kehadiran ruas Jalan Tol Cibitung-Cilincing sepanjang 27,2 kilometer, maka hal itu akan mempercepat mobilitas barang, utamanya barang-barang yang berasal dari kawasan-kawasan industri di Bekasi bagian utara dan juga dari kawasan-kawasan logistik yang ada di Karawang dan Bekasi.

“Sangat cepat dengan jalan Tol Cibitung-Cilincing ini dihantarkan kepada pelabuhan yang ada di Jakarta wilayah utara. Kecepatan inilah yang nanti akan mempermudah mobilitas barang dan tentu saja dengan kecepatan itu akan memperkuat daya saing produk-produk Indonesia yang akan diekspor,” ujar Jokowi dalam sambutan peresmian di Gerbang Tol Gabus, Kabupaten Bekasi, Selasa 20 September 2022.

(BACA JUGA:Kementerian PUPR Targetkan 283,15 Km Ruas Jalan Tol Baru Operasional Tahun 2022)

(BACA JUGA:Pemberlakuan Transaksi Nirsentuh di Ruas Tol Jasa Marga Bakal Diuji Coba Akhir Tahun)

Jokowi berharap, Jalan Tol Cibitung-Cilincing yang telah diambil alih oleh PT Pelindo dari PT Waskita Karya ini dapat memberikan pelayanan kepada truk-truk logistik.

“Diharapkan ini dapat memberikan pelayanan terhadap truk-truk kontainer barang-barang yang akan diekspor maupun barang-barang impor yang akan menuju ke kawasan industri ke kawasan logistik yang ada,” ujarnya.

Jalan Tol Cibitung—Cilincing merupakan bagian dari Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2. Secara keseluruhan, JORR 2 ditargetkan selesai pada akhir tahun 2023. 

Sumber: