Tol Cibitung-Cilincing Jadi yang Pertama Punya Hub Logistik Seluas 40 Hektar, Fungsinya Untuk Ini

Tol Cibitung-Cilincing Jadi yang Pertama Punya Hub Logistik Seluas 40 Hektar, Fungsinya Untuk Ini

Ruas Tol Cibitung-Cilincing yang diresmikan Presiden Joko Widodo hari ini, Selasa 20 September 2022 (dok. Birkompu)--

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja meresmikan ruas tol Cibitung-Cilincing Seksi 2 dan 3 sepanjang 27,2 kilometer. 

Jalan yang merupakan bagian dari Jakarta Outer Ring Road 2 (JORR 2) itu diresmikan bersama dengan jalan Tol Serpong Balaraja seksi 1. 

(BACA JUGA:Diresmikan Jokowi Hari Ini, Berikut Profil Jalan Tol Cibitung-Cilincing)

(BACA JUGA:Target Jokowi Dari Pengoperasian Tol Cibitung-Cilincing dan Serpong-Balaraja Seksi 1)

Ruas Tol Cibitung-Cilincing sendiri merupakan bagian dari jaringan jalan tol JORR 2 yang juga menyambung dengan ruas tol Cimanggis-Cibitung dan Ruas Tol Cijago. 

Fungsi dari ruas tol JORR 2 sendiri adalah untuk mengurai kemacetan dan memperlancar arus logistik, sehingga kendaraan yang berasal dari timur akan ke barat maupun sebaliknya, tidak perlu lagi melintas di dalam kota Jakarta, sehingga kemacetan bisa dikurangi. 

Dalam perkembangannya, ruas tol Cibitung-Cilincing merupakan ruas tol pertama yang memiliki semacam rest area yang difungsikan sebagai hub logistik dengan luas 40 hektar, yang bisa difungsikan untuk konsolidasi kontainer-kontainer yang akan masuk ke Pelabuhan Tanjung Priok, sehingga waktu tunggu bongkar muat barang atau dwelling time di pelabuhan bisa dikurangi. 

“Salah satu hal yang unik di ruas Cibitung-Cilincing adalah keberadaan transit hub yang merupakan modifikasi pengembangan dari konsep rest area logistik,” ujar Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Danang Parikesit, dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa 20 September 2022. 


Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT Danang Parikesit-Sigit Nugroho untuk FIN.CO.ID-

(BACA JUGA:Kementerian PUPR Targetkan 283,15 Km Ruas Jalan Tol Baru Operasional Tahun 2022)

(BACA JUGA:Pemberlakuan Transaksi Nirsentuh di Ruas Tol Jasa Marga Bakal Diuji Coba Akhir Tahun)

Dengan ketersediaan rest area logistik tersebut, kata Danang, dapat menjadi pusat konsolidasi dari kontainer-kontainer yang akan masuk ke Tanjung Priok. 

“Transit hub ini diharapkan bisa mengurangi dwelling time yang ada di Tanjung Priok,” jelasnya.

Danang menyampaikan ruas jalan Tol Cibitung-Cilincing yang merupakan bagian dari tol JORR 2 merupakan ruas yang penting karena mengakomodasi kawasan-kawasan industri yang berada di wilayah Jabodetabek bagian barat. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: