News

Heboh! Ada New Moscow di Peta Pulau Bali, Kok Bisa?

fin.co.id - 13/05/2024, 21:22 WIB

Ada New Moscow di Peta Pulau Bali, Kok Bisa

FIN.CO.ID -  Media sosial dihebohkan dengan munculnya tempat baru di peta Pulau Bali. Tepatnya di wilayah Canggu, Badung.  Lokasi baru itu bernama New Moscow.

Penamaan wilayah di peta Bali tersebut tertulis dalam bahasa Rusia 'New Москва' (New Moscow) yang merujuk ke wilayah Kuta Utara, Canggu.

Hal itu terungkap dalam unggahan akun Instagram @canggubalinews. Meski belum tentu benar dan bisa saja hanya candaan, namun peta New Moscow ini memancing emosi netizen.

Warganet tidak terima Bali diklaim oleh WNA atau turis asal Rusia sebagai wilayahnya. "Bendesa Adat tutup mata, tutup mulut, tutup telinga, yang penting cuan cuan cuan," tulis netizen.

Netizen Indonesia khawatir Bali akan dijajah dan diambil alih oleh orang Rusia jika pemerintah tidak segera bertindak dengan cepat.  

BACA JUGA:

Sekitar 90 persen orang yang tinggal di Parq Ubud adalah warga Rusia dan Ukraina.-fin/diolah-

"Ini tidak lucu. Jika Bali tidak hati-hati, orang-orang Rusia akan mengambil alih sama seperti mereka mengambil alih negara lain. Bali telah dijajah Rusia," tulis akun @liana*** dalam kolom komentar unggahan tersebut.

Dikatakan, banyaknya warga Rusia datang ke Bali sejak muncul COVID-19. Apabila pemerintah tidak turun tangan, maka rakyat Indonesia terutama warga Bali akan mengucapkan selamat tinggal pada Pulau Bali.

Keberadaan warga Rusia di Bali kian banyak pasca perang antara Rusia dan Ukraina. Mayoritas bule Rusia di Bali adalah usia usia produktif. 

Dikutip dari The New York Post, pada Jumat, 10 Mei 2024, Bali adalah tujuan wisata bagi orang Rusia dan Ukraina. Pulau ini telah mempromosikan dirinya sebagai lokasi kerja bagi mereka yang disebut sebagai digital nomad. 

Berdasarkan data imigrasi Indonesia, pada September 2022, lebih dari 14.500 turis Rusia datang ke Bali. Sementara lebih dari 3.000 warga Ukraina juga diketahui memasuki Bali.

Sejak perang di Rusia vs Ukraina dimulai, Parq Ubud menjadi surga bagi orang Rusia dan Ukraina di Bali. Sekitar 90 persen orang yang tinggal di Parq Ubud adalah warga Rusia dan Ukraina.

Turis Plat R dan U Merusak dan Menjajah Bali, Ada yang Bikin Pabrik Narkoba di Villa Dekat Kantor Desa-fin/diolah-

BACA JUGA:

Rizal Husen
Penulis
-->