News

Mengenal Apa Itu Pewarna Karmin yang Terbuat dari Serangga Cochineal hingga Diharamkan oleh NU

fin.co.id - 29/09/2023, 06:40 WIB

Serangga cochineal bahan pewarna karmin

FIN.CO.ID-  Karmin adalah zat pewarna merah alami yang berasal dari serangga cochineal. Serangga ini adalah sejenis tungau yang hidup di kaktus opuntia. Cochineal memiliki tubuh kecil, berwarna merah, dan memiliki duri kecil di punggungnya.

Zat pewarna karmin diperoleh dengan mengekstrak tubuh serangga cochineal. Ekstrak ini kemudian diproses untuk menghasilkan pewarna merah yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti makanan, kosmetik, dan tekstil.

Sejarah Zat Pewarna Karmin

Zat pewarna karmin telah digunakan sejak zaman kuno. Bangsa Maya dan Aztec menggunakan pewarna ini untuk mewarnai pakaian, cat, dan makanan. Zat pewarna karmin juga digunakan oleh bangsa Eropa pada abad ke-16.

Pada abad ke-19, zat pewarna karmin menjadi populer di Eropa. Hal ini disebabkan karena pewarna ini dianggap lebih aman daripada zat pewarna sintetis yang baru ditemukan.

Proses Produksi Zat Pewarna Karmin

Proses produksi zat pewarna karmin dimulai dengan mengumpulkan serangga cochineal. Serangga ini dikumpulkan dari kaktus opuntia di Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Serangga cochineal kemudian dibunuh dengan cara direbus atau dikeringkan. Setelah itu, tubuh serangga dihancurkan dan diekstrak untuk mendapatkan pewarna merah.

Ekstrak pewarna merah kemudian diproses untuk menghilangkan kotoran dan bahan-bahan lain yang tidak diperlukan. Setelah diproses, pewarna merah siap digunakan.

BACA JUGA:

Kegunaan Zat Pewarna Karmin

Karmin dan Cochineal bahan pewarna makanan--

Zat pewarna karmin digunakan untuk berbagai keperluan, antara lain:

1. Makanan: Zat pewarna karmin digunakan untuk mewarnai makanan, seperti permen, es krim, dan minuman.

2. Kosmetik: Zat pewarna karmin digunakan untuk mewarnai kosmetik, seperti lipstik, blush on, dan eyeshadow.

3. Tekstil: Zat pewarna karmin digunakan untuk mewarnai tekstil, seperti pakaian, karpet, dan gorden.

Keamanan Zat Pewarna Karmin

Zat pewarna karmin telah dinyatakan aman untuk digunakan oleh FDA (Food and Drug Administration) Amerika Serikat. 

Zat pewarna ini juga telah dinyatakan aman oleh BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) Indonesia. Karmin mempunyai kode E120 di Uni Eropa.

Admin
Penulis
-->