Kesehatan

Jumlah Penderita Diabetes Naik 56 Persen, Waspada Kenali Gejala dan Penyebabnya

fin.co.id - 07/07/2023, 19:07 WIB

Diabetes, Image Credit: Pixabay

Penderita Diabetes Naik 56 Persen  - Penderita diabetes melitus (diabetes tipe 2) meningkat hingga 56 persen dalam tiga dekade terakhir.

Praktisi kesehatan Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Dyah Sulistianingsih mengatakan peningkatan 56 persen penderita diabetes melitus merupakan perhitungan secara global.

"Sekarang terdapat peningkatan tren diabetes melitus tipe 2 yang melanda secara global sebesar 56 persen," katanya, Jumat, 7 Juli 2023.

Ketua Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis Ilmu Penyakit Dalam FKUI itu mengatakan tren peningkatan jumlah pasien diabetes melitus umumnya diakibatkan oleh pasien diabetes melitus dengan usia kurang dari 40 tahun.

Dia mengatakan prevalensi diabetes tipe 2 di Indonesia saat ini adalah 19,5 juta penderita, dan dalam dua dekade ke depan jumlahnya diperkirakan sebesar 150 persen.

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, sambungnya, Indonesia memiliki 14,7 persen pasien diabetes melitus yang berusia di bawah 45 tahun.

 BACA JUGA:

"Kalau kita bicara diabetes melitus tipe 2 pada usia muda, kalau dihitung di Indonesia dari 2007-2018, terjadi kenaikan dua kali lipat," ujarnya.

Dia menyebutkan bahwa angka tersebut belum termasuk orang yang tidak tahu bahwa dirinya menderita diabetes (undiagnosed diabetes).

Pada usia kurang dari 40 tahun, sambungnya, proporsi undiagnosed diabetes terjadi sebesar 6 kali lipat lebih besar dibandingkan dengan yang sudah mengetahui bahwa dirinya mengidap penyakit diabetes.

"Yang ditakutkan adalah komplikasinya, karena undiagnosed diabetes itu belum ada gejala apapun," ungkapnya.

Dia mengatakan tren peningkatan pasien diabetes tersebut dapat dicegah oleh seluruh pihak, dengan dimulai dari peraturan pemerintah, informasi nutrisi yang jelas, ketersediaan makanan sehat di sekolah yang terjamin, keberadaan infrastruktur mendapat aktivitas fisik di sekitar, dan lingkungan keluarga.

Dia menyarankan kepada seluruh orang tua agar mengetahui nutrisi anak yang sehat sejak bayi, serta membiasakan pola kehidupan yang sehat dalam keluarga agar anak terbiasa untuk hidup sehat.

BACA JUGA:

Kenali Gejala Diabetes

Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah. 

Admin
Penulis
-->